Jokowi Diminta Segera Umumkan Kenaikan BBM

Jokowi Diminta Segera Umumkan Kenaikan BBM.

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Joko Widodo dan Jusuf Kalla harus segera mengumumkan kebijakan harga BBM setelah mereka dilantik pada bulan Oktober nanti.

“Saat yang tepat untuk mengumumkan kebijakan harga BBM setelah Jokowi dan JK dilantik,” kata Ekonom, Dr Nugroho, dari Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang, Kamis (31/1)

Dia mengatakan bahwa pengumuman kebijakan harga BBM ini penting karena diyakini anggaran untuk subsidi BBM dalam lima tahun mendatang akan terus meningkat.

Kebijakan pengurangan subsidi telah menjadi topik panas bagi presiden terpilih, karena hampir tidak mungkin untuk menghindari kenaikan harga BBM di tengah derasnya aliran subsidi, yang mencapai sekitar Rp. 300 triliun pada periode 2014-2015.

Sementara itu, kenaikan konsumsi bahan bakar tidak sejalan dengan peningkatan produksi minyak dalam negeri, yang hanya sekitar 870.000 barel per hari.

Konsumsi bahan bakar pada tahun 2014 diperkirakan akan mencapai 48 juta kiloliter, kata Nugroho.

Dia juga mengatakan presiden terpilih tidak memiliki pilihan lain selain mengurangi subsidi dengan menaikkan harga BBM.

Pertanyaannya adalah berapa harga yang harus dinaikkan, sehingga subsidi dapat dikurangi tanpa membebani masyarakat?

“Saya percaya peningkatan harga bensin premium sebesar Rp. 500 per liter akan realistis,” tambahnya.

Sementara itu, pasangan Jokowi-JK harus menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas sengketa pemilihan presiden, yang diajukan oleh Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

Nugroho mengatakan setelah pelantikan, kedua pemimpin harus menjelaskan bahwa pendapatan dari kenaikan harga BBM akan digunakan dalam mengembangkan program pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)