Korban Tewas MH17 Mulai Diidentifikasi di Belanda

Korban Tewas MH17 Mulai Diidetifikasi di Belanda.

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Korban pertama dari 298 orang yang tewas dalam kecelakaan MH17 telah diidentifikasi oleh para ahli forensik.

“Korban adalah warga negara Belanda, keluarga korban dan walikota tempat tinggalnya telah diberitahu,” kata Kementerian Kehakiman Belanda dalam sebuah pernyataan tertulis.

Dua-pertiga dari korban yang tewas dalam 17 Juli lalu, pemerintah Belanda secara resmi akan bertanggung jawab dalam mengidentifikasi para korban.

Menurut surat pernyataan tersebut, kini tim sedang bekerja keras dalam melakukan proses identifikasi dengan terlebih dahulu mengambil sampel DNA dari anggota keluarga korban, yang kemudian dicocokkan dengan korban

Bila memungkinkan, contoh-contoh dan sampel DNA akan diperiksa dengan data yang ante-mortem, seperti, rambut yang diambil dari korban atau gigi korban.

Sisa korban yang telah dipulangkan ke Belanda sejauh ini telah diberi label dan nomor sebelum diangkut dari Donetsk ke pusat operasi yang ditunjuk di Kharkiv.

Mereka kemudian diterbangkan ke Eindhoven sebelum dibawa ke barak Korporaal van Oudheusden di Hilversum, selatan Amsterdam, di mana tim internasional ahli forensik akan melakukan tugas besar untuk mengidentifikasi 298 korban.

Antara Rabu dan Sabtu pekan lalu 227 peti mati yang membawa korban tewas diterbangkan kembali ke Belanda untuk identifikasi.

Menteri Luar Negeri Julie Bishop dan Frans Timmermans kembali ke Kiev pada hari Minggu untuk terus melakukan negosiasi dan mengirimkan pasukan bersenjata Australia ke Ukraina guna mengamankan lokasi kecelakaan dan mempercepat proses pemulihan.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)