Eks Gafatar Asal Depok Diberikan Binaan dan Wawasan Oleh Sejumlah Lembaga

Eks Gafatar Asal Depok Diberikan Binaan dan Wawasan Oleh Sejumlah Lembaga

HarianDepok.com – Berita , Adanya Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di Indonesia yang dimana pengikutnya ada beberapa yang berasal dari kota Depok dipulangkan ke kota asalnya, ditanggapi langsung oleh Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, Taufan Abdul Fatah yang mengatakan akan sesegera mungkin membentuk tim penanganan eks Gafatar.

Dari pembentukan tim tersebut, pihaknya akan bekerjasama dengan dinas lainnya seperti Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos), Dinas Pendidikan (Disdik), bagian sosial dan sejumlah instansi terkait guna memberikan pembinaan bagi eks Gafatar yang meliputi sosial kemasyarakatan, agama, ekonomi, kebangsaan dan wawasan lainnya.

“Saat ini, kami tengah mengkaji dan menelaah apakah nantinya eks Gafatar ini dapat kami bantu untuk bertransmigrasi atau tidak. Ini dikarenakan kebanyakan dari mereka sudah nyaman dengan kehidupan mereka menjadi petani. Namun, guna menghilangkan efek negatif mereka harus dibina dulu agar pemahamannya tidak menjadi masalah kedepannya,” ujarnya Selasa (09/02/2016).

Ia menambahkan bahwa sampai dengan saat ini sudah banyak lembaga yang bersedia berkunjung ke tempat penampungan maupun rumah para eks Gafatar untuk memberikan pembinaan dan pemahaman dengan tujuan agar para eks Gafatar dapat pulih dan tidak keluar dari jalurnya.

“Saya sangat mengapresiasikan lembaga lembaga yang sudah bersedia meluangkan waktu dan tenaganya untuk bersama sama menangani korban eks Gafatar yang ada saat ini. Dengan adanya kehadiran mereka di tengah tengah korban eks Gafatar diharapkan dapat merubah pola pikir par eks Gafatar menjadi normal kembali,” katanya.

Perlu diketahui bahwa sebanyak 28 eks Gafatar yang berasal dari kota Depok sudah tiba di Taman Wiladatika, Cibubur yang tiba bersamaan dengan 712 eks Gafatar lainnya yang dipulangkan dari Mempawah, Kalimantan Barat pada 27 Januari 2016 lalu yang dimana para eks Gafatar ini langsung diserahkan ke Kemensos RI guna mendapatkan binaan dan mendapatkan assessment.

Usai menjalani hal tersebut, eks Gafatar ini baru akan dikembalikan ke Kabupaten atau kota tempat mereka berasal.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: