Perayaan Imlek di Depok Berlangsung Khidmat dan Meriah

Perayaan Imlek di Depok Berlangsung Khidmat dan Meriah

HarianDepok.com – Berita , Hari besar Imlek 2567 yang dirayakan oleh sejumlah warga keturunan Tionghioa di kota Depok terlihat sangat ramai yang dimana ribuan warga keturunan yang ada di kota Depok bersama sama menghadiri dan melaksanakan sembahyang di sembilan Vihara yang tersebar di wilayah kota Depok.

Perayaan Imlek pun disambut antusias oleh warga yang tinggal di sekitar lingkungan klenteng. Ini dibuktikan dengan adanya kerumuman warga sejak pagi hari di sekitar tempar peribadatan menunggu angpao dari pengurus klenteng ataupun warga yang merayakannya. Mereka sengaja melakukan hal tersebut karena mereka yakin bahwa tradisi pembagian angpao akan dilakukan disetiap tahunnya.

“Yah, lumayan lah mas, buat nambahin belanjaan dapur. Di tahun lalu, ada yang kasih angpao 100 ribu, ada juga yang 50 ribu. Yang kasih sih biasanya pengurus klenteng, ada juga warga tionghoa yang kasih langsung ke kita. Di Imlek ini, mereka senang, kita juga ikut senang mas,” tutur Jejen warga Depok sambil mengantri di depan vihara di Depok.

Dari hasil pantauan media dilapangan, tak hanya orang dewasa saja yang mengantri menunggu diberikan angpao, namun, puluhan anak anak dan sejumlah lansia pun ikut mengantri angpao sejak pagi. Kebanyakan dari mereka menganggap bahwa tradisi warga Tionghoa di Imlek ini tidak berbeda dengan perayaan Idul Fitri umar muslim yang kerap membagi bagikan amplop berisi uang.

Sementara itu, di dalam Vihara pada saar perayaan Imlek berlangsung, warga keturunan Tionghoa terlihat khusyuk melakukan sembahyang dengan memakai pakaian berwarna merah. Kebanyakan dari mereka mengaku mengharapkan tahun ini dapat menjadi lebih baik dan bisa membawa keberuntungan ketimbang di tahun tahun sebelumnya.

Di lain tempat, sejumlah tempat keramaian kota seperti mal dan pusat perbelanjaan lainnya pun juga terlihat menyajikan tontonan khas Imlek kepada para pengunjungnya yang dimana barongsai menjadi atraksi utama merayakan Imlek kali ini. Para pengunjung pun terlihat sangat terhibur akan adanya atraksi tersebut.

“Senang, rame, pokoknya seru deh di Imlek tahun ini. Barongsainya keren, anak saya aja seneng banget,” tutur Wijaya pada saat menonton atraksi Barongsai yang digelar di salah satu pusat perbelanjaan.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)