Ini Alasan Mengapa Pemkot Depok Sulit Tutup Usaha Ayam Potong di Depok

Ini Alasan Mengapa Pemkot Depok Sulit Tutup Usaha Ayam Potong di Depok

HarianDepok.com – Berita , Adanya permasalahan keterbatasan lahan dan modal yang dihadapi oleh para pengusaha pemotongan ayam di wilayah kota Depok, menjadikannya mereka terpaksa melakukan usahanya tersebut di lingkungan perumahan tempat tinggal yang padat akan penduduk.

Akibatnya, banyak masyarakat yang mengeluhkan kepada Pemkot Depok keberadaan usaha tersebut yang mengganggu kenyamanan lingkungan. Salah satu warga yang mengeluhkan hal tersebut adalah warga RT 01/01 Kelurahan Pangkalan Jati, Cinere yang mengeluhkan hal tersebut ke Pemkot Depok untuk ditindaklanjuti.

Pemkot Depok dalam merespon keluhan masyarakat tersebut, langsung mengkoordinasikannya dengan pihak Kecamatan terkait agar segera menyelesaikan permasalahan tersebut. Namun, dalam penerapannya dilapangan, petugas masih terkendala oleh beberapa hal yang berdampak kepada kurangnya pasokan ayam potong di wilayah kota Depok.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Depok, Tinte Rosmiati dalam menanggapi permasalahan tersebut mengatakan bahwa pihaknya telah menindaklanjuti akan adanya laporan warga Cinere tersebut. Dan pada saat pemerikasaan dilapangan, petugas juga sempat memeriksa usaha kikil yang berada tidak jauh dari lokasi usaha ayam potong.

“Kami sudah menelusui lokasi usaha yang dilaporkan oleh masyarakat. Kedepannya, Kecamatan yang akan turun untuk mengawasi langsung usaha usaha tersebut,” tuturnya kepada wartawan belum lama ini.

Dari hasil pemerikasaannya dilapangan, lokasi usaha pemotongan ayam tersebut berada tepat di lokasi pemukiman yang padat penduduk sehingga usaha tersebut tidak diberikan izin untuk menjalankan usahanya. “Yang mendapatkan izin hanyalah usaha pengolahan kulit saja yang dikeluarkan oleh Pemprov DKI Jakarta, sedangkan untuk usaha ayam potong belum mendapatkan izin resmi,” jelasnya.

Namun, untuk menutup usaha tersebut terkendala oleh sejumlah hal yang salah satunya adalah kurangnya usaha pemotongan ayam yang ada di wilayah kota Depok yang dimana dikhawatirkan akan mempengaruhi pasokan ayam potong kota Depok. Meski demikian, pihaknya akan terus berusaha mendorong usaha usaha tersebut untuk membuat izin usahanya.

“Kami akan berusaha mendorong para pemilik usaha agar membuat izin sehingga usaha mereka tidak mendapatkan kesulitan dalam menjalankan usahanya,” tandasnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: