Dishub Depok Himbau Pengendara Perhatikan Kelaikan Kendaraan Jangan Hanya KIR Saja.

Dishub Depok Himbau Pengendara Perhatikan Kelaikan Kendaraan Jangan Hanya KIR Saja.

HarianDepok.com – Berita , Uji Kelayakan Kendaraan Bermotor atau biasa dikenal dengan uji KIR, masih menjadi sesuatu hal yang amat dihindari oleh sebagian para pengendara kendaraan. Ini dikarenakan oleh banyaknya biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk mendapatkan uji kelayakan, sehingga hal tersebut masih menjadi salah satu hal yang tabu oleh sebagian pengendara kendaraan.

Keadaan tersebut menjadi salah satu tantangan bagi pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok yang dimana bertugas untuk menertibkan sejumlah kendaraan angkutan yang tidak melengkapi surat surat perjalanan yang dimana KIR menjadi salah satu dokumen wajib angkutan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana dalam menanggapi perihal tersebut mengatakan, pihaknya sampai dengan saat ini terus melakukan penertiban di sejumlah titik keramaian yang dimana pada penertiban tersebut difokuskan kepada dokumen kelengkapan kendaraan angkutan umum dan barang seperti KIR.

“Sebagai petugas, kami berkewajiban untuk terus melakukan sosisalisasi kepada masyarakat akan pentingnya fungsi dan manfaat dari KIR ini yang dimana fungsi utama KIR adalah menjaga keamanan kendaraan dalam melakukan perjalanan dengan harapan masyarakat yang menggunakan jasa angkutan dapat lebih merasa nyaman dan aman,” ujarnya di Depok, Minggu (07/02/2016).

Ia juga menjelaskan fungsi lain dari KIR tersebut yang dimana bukan hanya sekedar untuk mematuhi aturan dan tata tertib berkendara saja, melainkan untuk menekan adanya kejadian kecelakaan yang diakibatkan oleh ketidak layakan mesin dan sejumlah komponen pendukung kendaraan sehingga merugikan para pengguna jalan yang lainnya.

Ia pun mengaku bahwa pihaknya kerap menemukan sejumlah pengendara kendaraan yang menguji KIR kendaraannya hanya untuk melengkapi dokumen kendaraan saja agar tidak ditilang pada saat berkendara di sepanjang jalan. “Seharusnya, uji KIR adalah diperuntukkan mengetahui apa saja komponen kendaraan yang perlu diperbaiki agar aman dalam berkendara bukan semata mata lolos dalam pemeriksaan petugas,” terangnya.

Oleh sebab itu, dirinya tak bosan bosan menghimbau kepada masyarakat khususnya para pemilik kendaraan agar selalu memperhatikan sejumlah komponen pendukung kendaraannya sehingga tercipta kondisi yang aman, nyaman dalam berkendara.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)