Petani Australia Ini Melawan Erosi Tanah Dengan Seni Yang Memukau

petani-australia-ini-melawan-erosi-tanah-dengan-seni-yang-memukau

HarianDepok.com – Berita Unik – Kebakaran yang berkali-kali terjadi di lahan yang dimilikinya membuat seluruh tanaman yang dimiliki oleh Brian Fischer menjadi habis. Kebakaran yang terjadi itu tentu saja membuat tanah yang dimilikinya menjadi gersang dan termakan erosi. Untuk mengatasi hal tersebut petani di Australia Selatan ini membuat pola yang cukup unik di tanah pertaniannya untuk mencegah terjadinya erosi.

Dilansir dari Amusing Planet, Fischer menanam semak-semak dalam bentuk yang cukup unik untuk melawan erosi tanah yang mungkin terjadi karena embusan angin. Dengan bentuk unik yang dibuatnya ini maka tidak akan ada masalah erosi kemanapun angin bertiup di wilayah pertanian tersebut.

Pola Geometris cegah erosi Brian Fischer

Fischer mengatakan bahwa butuh beberapa hari bagi dia untuk menanamnya, namun dia berharap bahwa usahanya ini mampu menjaga 15 centimeter lapisan atas dari tanah hingga tanah tersebut menjadi hijau kembali. Teknik yang cukup unik ini diwarisinya dari ayahnya yang menggunakan cara tersebut pada 1944 ketika kekeringan hebat melanda Australia.

Cuaca panas dan kebakaran memang merupakan masalah yang umum dihadapi oleh petani di Australia. Cara yang unik dari Brian Fischer ini merupakan sebuah bentuk yang tepat untuk mencegah terjadinya erosi tanah.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer