Junta: Thailand Siap Laksanakan Pemilu Tahun Depan

Thailand Siap Laksanakan Pemilu Tahun Depan.

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Militer Thailand membuat jalan bagi pemerintahan baru dalam beberapa pekan mendatang, namun para jenderal akan menjaga kekuasaan dengan mengisi kabinet interim dan legislatif bersama tentara.

Angkatan bersenjata mengambil alih kekuasaan pada 22 Mei dalam kudeta berdarah setelah enam bulan demonstrasi di jalanan yang membuahkan hasil tersingkirnya Perdana Menteri Yingluck Shinawatra.

Komandan yang memimpin kudeta 22 Mei, Jenderal Prayuth Chan-ocha, cenderung menjadi perdana menteri untuk memimpin kabinet loyalis.

Transis memetakan dalam konstitusi sementara diumumkan pekan lalu, mempertahankan junta, atau Dewan Nasional Ketentraman dan Ketertiban (NCPO) menawarkan kekebalan dan kekuasaan yang luas untuk menolak pemerintah sementara, dan 220-anggota Majelis Legislatif Nasional (NLA ) yang akan menunjuk.

“Dia sudah menjalankan tugas seperti perdana menteri,” kata seorang sumber tentara Prayuth, (ia tidak ingin disebutkan nama karena tidak diizinkan untuk berbicara tentang masalah ini ke media)

“Menjadi perdana menteri dan kepala NCPO akan membuat transisi sebelum pemilu lebih efektif dan lebih akurat, mencerminkan tujuan dari NCPO untuk mereformasi negara ini.” sambungnya.

Junta mengatakan reformasi diperlukan untuk mengakhiri tahun-tahun ketidakstabilan politik dan mencegah terulangnya enam bulan protes yang melumpuhkan pemerintah Yingluck. Ia mengatakan pemilu akan diselenggarakan akhir tahun depan.

Beberapa analis dan pendukung pemerintah mengatakan, reformasi militer akan bergema dari para demonstran dan ditujukan untuk mengikis kekuatan keluarga miliarder Shinawatra, yang mengontrol mesin politik populis yang telah memenangkan setiap pemilihan sejak tahun 2001.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)