Pasca Lebaran, Depok Diserang Bau Sampah

Pasca Lebaran, Depok Diserang Bau Sampah

HarianDepok.com – Berita , Bau limbah sampah dari sisa-sisa rumah tangga selama bulan puasa Ramadan masih menyengat di setiap titik TPA Depok.

Kemarin hingga hari ini, sampah-sampah yang dibungkus plastik dengan berbagi warna-warni, menghiasi tiap TPS hingga meluap ke pinggiran kota dengan bau yang sangat menyengat.

Hal ini dapat dilihat di TPS Jalan Melati Kota, Pancoranmas, dan kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Depok.

“Ya, bau sampah sangat mengganggu kami, yang jadi pertanyaan bagaimana pembagian kerja oleh kantor dinas terkait, (Dinas kebersihan dan Pertanaman, DKP).

“Di masa liburan panjang hingga Senin (4/8) mendatang, tidak terbayangkan baunya,” kata Suwandi, wakil ketua PWI Depok.

Keluhan serupa juga disampaikan oleh ibu rumah tangga di Perum Permata Sawangan. Tumpukan sampah yang tak diangkut tukang sampah sangat merepotkan, karena setiap hari sampah terus bertambah

“Ya saya tahu ini masih dalam suasana lebaran, tapi ya gimana lagi ya, saya juga bingung,” kata Dewi SS, 49, ibu rumah tangga yang mengaku tidak mudik karena keluarga besarnya sudah ada di Depok.

Ketua  Asosiasi Bank Sampah Depok, Supariyono pernah berbicara bahwa total sampah di Kota Depok ada sekitar 5.000 meterkubik / hari. Bahkan, lanjutnya, program Bank sampah hanya dapat mengelola 1.500 meterkubik sampah.

“Akan dikemanakan 3500 meterkubik sampah ini? Yang paling aman dan benar adalah dengan memilhanya. Sampai saat ini ada sekitar 300 bank sampah baru,” katanya beberapa waktu lalu.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)