Foto Kentang Polos Dibeli Pengusaha Eropa Hingga Rp14,8 Miliar

foto-kentang-polos-dibeli-pengusaha-eropa-hingga-rp-148-miliar

HarianDepok.com – Berita Unik – Seorang fotografer asal Irlandia berhasil menjual hasil karyanya kepada seorang pebisnis kondang Eropa seharga 750 ribu Pound Sterling (setara Rp 14,8 miliar). Harga fantastis tersebut ternyata hanya untuk sebuah foto kentang mentah.

Kevin Absoch (46) menangkap sebuah momen di mana kentang mentah masih berselimut tanah. Dalam foto yang dijepret pada 2010 itu, gambar kentang yang polos itu dibumbui latar belakang berwarna hitam pekat.

Dalam versinya, kentang tersebut memiliki tiga bentuk cetak. Satu adalah untuk koleksi pribadinya, kedua disumbangkan kepada museum seni di Serbia, sedangkan versi ketiga jatuh ke tangan pebisnis Eropa yang tidak disebutkan namanya itu.

Sesuai pengakuannya, karya fotonya yang unik sudah beberapa kali dibeli oleh para penikmat foto tajir. “Ini bukanlah yang pertama kali, saat seseorang membeli karya seni hasil jepretan saya,”Absoch, seperti diberitakan Times of India, Selasa (26/1).

Saat itu Kevin dan sang pengusaha sedang menikmati anggur wine. Mendadak si pengusaha mengatakan saya sangat menyukai foto kentang itu. Saat gelas wine kami yang kedua, akhirnya dia memutuskan untuk memboyong foto tersebut. “Saya sangat menginginkan ini,” kata sang pengushaa itu, seperti dituturkan ulang oleh Kevin.

Dua minggu kemudian harga disepakati, dan ini merupakan karya foto dengan nominal luar biasa (melebihi komisi saya selama ini). Absoch mengaku tidak yakin terhadap apa yang terkandung dalam karyanya yang berjudul ‘Potato#345’ disamping jepretan spesial lainnya. Berkat foto tersebut Absoch diundang ke dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swis.

Dalam portofolionya, selain foto kentang yang berharga selangit ini, Absoch juga memiliki sejumlah foto bersama orang penting seperti Steven Spielberg, Michael Palin, Petinggi FacebookSheryl Sanberg, dan Malala Yousafzai, aktivis HAM peraih Nobel Perdamaian asal asal Pakistan.

Dalam menjalani profesinya, Absoch biasa mendapat komisi senilai 200 ribu Pound Sterling (setara dengan Rp 3,9 miliar).

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer