Relokasi Ribuan Pedagang Pasar Cisalak Aman dan Tertib

Relokasi Ribuan Pedagang Pasar Cisalak Aman dan Tertib

HarianDepok.com – Berita , Pada Rabu 20 Januari 2016 kemarin, Pemerintah kota (Pemkot) Depok telah melaksanakan kegiatan relokasi ribuan pedagang Pasar Cisalak ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang lokasinya terletak di Jalan Radar Auri , Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Dari kegiatan relokasi tersebut Pemkot Depok terlihat telah menerjunkan sejumlah petugas Satpol PP guna membantu dan mengawasi jalannya kegiatan relokasi.

Relokasi yang pada beberapa waktu lalu sempat mendapatkan penolakan dari sejumlah pedagang Pasar Cisalak, kini telah merubah keputusannya dengan ikut berbaur bersama dengan pedagang lain untuk bersama sama pindah ke TPS yang telah disediakan oleh Pemkot Depok. Bahkan ada beberapa pedagang yang sangat antusias menjalankan program tersebut yang dimana mereka telah menyiapkan sejumlah peralatan pendukungnya untuk berdagang sebelum relokasi dilangsungkan.

Kepala Bidang Pasar Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar (DKUP) Kota Depok, Supomo mengatakan, total keseluruhan jumlah pedagang yang direlokasi ke tempat berdagang sementara waktu pada saat itu diketahui terdiri dari penghuni kios sebanyak 312 pedagang dan  penghuni los yang berjumlah 846 pedagang.

Mereka dalam menjalankan altivitas berniaganya di tempat tersebut diperkirakan akan berjalan selama kurang lebih satu tahun sampai menunggu proses pembangunan Pasar Cisalak rampung dikerjakan yang diprediksikan akan usai pengerjaannya pada akhir tahun 2016 mendatang.

Supomo menuturkan bahwa dari sekian banyak para pedagang yang ada di Pasar Cisalak 85 persennya sudah mau dan sangat antusias dalam menjalankan  kegiatan relokasi yang dimana pada TPS tersebut sudah dipersiapkan segala kebutuhan para pedagang, mulai dari tempat berdagang, air dan listrik.

“Di tempat penampungan sementara, para pedagang yang direlokasi tidak dipungut retribusi sewa, jadi mereka semuanya yang ditempatkan di kios kios tempat penampungan semuanya digratiskan. Namun, mereka diwajibkan untuk menjaga kebersihan tempat berdagang mereka dari sampah sisa berjualan. Jangan sampai tempat relokasi ini menjadi sarang penyakit, kasian kan para konsumen,” katanya.

Untuk mensosialisasikan keberadaan TPS tersebut, Supomo mengaku pihaknya telah memberikan petunjuk, mulai dari memasang spanduk tentang relokasi pedagang Pasar Cisalak sampai dengan memasang penunjuk arah untuk memudahkan para konsumen yang biasa berbelanja di Pasar Cisalak. Ia pun berharap dengan diberikannya fasilitas tersebut dapat memberikan kemudahan kepada seluruh masyarakat untuk berbelanja memenuhi kebutuhannya sehari hari.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: