Sebanyak 10 RTLH di Depok Mendapatkan Bantuan Renovasi Dari Pemerintah

Sebanyak 10 RTLH di Depok Mendapatkan Bantuan Renovasi Dari Pemerintah

HarianDepok.com – Berita , Pada beberapa waktu lalu, 10 rumah tempat tinggal di kota Depok yang masuk ke dalam golongan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Bojong Pondok Terong, Cipayung,  Depok, Jawa Barat mendapatkan dana bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diperuntukkan memperbaiki kondisi rumah sehingga layak untuk dihuni.

Untuk memperbaiki rumah rumah tersebut, Pemprov Jawa Barat menyiapkan sebesar 15 juta rupiah setiap rumah yang kondisinya sudah tidak layak huni. Diketahui 10 rumah yang mendapatkan dana bantuan tersebut lokasinya tersebar  di tiga RW yang dimana pada RW 03 sebanyak tiga rumah, RW 04 sebanyak tiga rumah dan di RW 07 sebanyak empat rumah.

Ketua BKM Kelurahan Bojong Pondok Terong, Sudadih mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengajuan ke instansi terkait mengenai RTLH di wilayahnya yang menurut pengakuannya mencapai 314 rumah di tahun 2014 silam. Namun sampai dengan saat ini baru hanya 10 rumah saja yang mendapatkan bantuan dari pemerintah. “Kalau pengajuannya sudah kami lakukan sejak lama dan jumlahnya sebanyak 314 RTLH. Namun sampai dengan saat ini baru 10 rumah saja yang mendapatkan bantuan,” ujarnya kepada Radarnews beberapa waktu lalu.

Dari penjelasannya, dana bantuan sebesar 15 juta rupiah bagi setiap rumah, akan dipergunakan untuk memperbaiki atap rumah, lantai rumah, MCK, dinding, pintu dan jendela. Hal ini dijelaskannya karena sebagian besar RTLH yang ada di wilayahnya kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Belum lagi kondisi atap rumah yang sebagian besar masih menggunakan bambu yang mudah rapuh di makan usia.

Sementara itu, Lurah Bojong Pondok Terong, Satria Buana mengatakan, jumlah RTLH di wilayahnya terbilang cukup banyak, begitupun dengan rumah yang masih belum memiliki MCK. Guna mengatasi permasalahan tersebut, pihaknya mengaku telah melaporkannya ke pusat guna mendapatkan bantuan sehingga diharapkannya bisa mengurangi dan menekan jumlah RTLH di wilyah kota Depok.

“Kami sudah mendata dan melaporkannya ke pusat. Kepada seluruh warga yang belum mendapatkan bantuan diharapkan untuk bersabar diri karena untuk pemberian bantuannya dilakukan secara bertahap dan melihat dari yang paling mendesak. Kepada warga yang sudah mendapatkan dana bantuan, agar dapat memanfaatkannya dengan baik,” ujarnya.

Satria mengaku pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin agar RTLH yang ada di wilayahnya mendapatkan bantuan dari pemerintah. Namun mengingat karena bantuan tersebut harus diselesaikan dengan cara bertahap, maka pihaknya sebagai petugas pelayanan masyarakat harus mengikutinya.

“Kami bersama sama dengan instansi terkait sudah mengajukannya ke pemerintah namun untuk pengaplikasiannya pasti membutuhkan waktu. Karena bantuan yang diberikan ini sifatnya bertahap dan tidak langsung sekaligus, ini didasari oleh banyaknya kebutuhan lainnya yang harus dipenuhi oleh pemerintah dalam membangun kota Depok agar menjadi lebih baik lagi tentunya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: