Google Doodle Hari Menjawab Siapa Penemu Televisi

Google Doodle Hari Menjawab Siapa Penemu Televisi

HarianDepok.com – TechNews , Mesin pencarian raksasa Google ternama tengah merayakan salah satu momen bersejarah dengan menghadirkan Doodle unik. Siapakah penemu televisi? sekiranya menjadi pertanyaan yang terlayang akibat Google Doodle hari ini, Selasa (26/01/2016). Bukan ulang tahun tokoh seperti biasa, melainkan waktu di mana demonstrasi publik akan televisi ditampilkan untuk kali pertama.

Tepat 90 tahun lalu, ‘titik’ bersejarah ini bertempat di sebuah laboratorium di Soho, Westminster, Britania Raya. Demonstrasi yang pada akhirnya jadi gerbang akan pengenalan layar televisi ke publik dunia ini dilakukan di hadapan Institusi Kerajaan dan beberapa jurnalis dari Time. Berbicara tentang inovasi, tentu saja tak lepas dari tokoh yang jadi penggerak pemikiran tersebut.

Dalam kasus demonstrasi ini, John Logie Baird lah yang bertanggung jawab akan penemuan layar dengan gambar bergerak tersebut. Kala itu, seperti dilansir Telegraph, penemu asal Skotlandia itu mempertontonkan gambar yang terbilang kecil, yakni sekitar 2 inchi saja. Berlanjut dari demonstasi yang dilakukannya di tahun 1925, empat tahun kemudian John membangun televisi berwarna.

Tak sekedar mengerjakan proyek inovasi, laki-laki yang tutup usia pada 1946 itu pun memproduksi televisi dalam jumlah besar untuk didistribusikan ke dunia. Tak heran kalau banyak orang yang melekatkan sosok John Logie Baird dengan pertanyaan ‘siapakah penemu televisi?’. Hingga kini, inovasi yang dicanangkan John terus mengalami perkembangan. Terbukti dari beragamnya produksi televisi, lengkap dengan kelengkapan canggih yang menyertainya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: