Maret 2016, Kota Rotterdam Bakal Punya Hutan Apung

maret-2016-kota-rotterdam-bakal-punya-hutan-apung

HarianDepok.com – Berita Unik – Kurang dari dua bulan, warga Rotterdam, Belanda akan segera menikmati pemandangan unik di kota mereka. Pasalnya Rotterdam akan segera memiliki hutan apung.

Dilansir Bored Panda, hutan apung yang terdiri dari 20 pohon ini akan ‘berlayar’ di sungai kota pada tanggal 16 Maret 2016 mendatang. Penggagasnya menamai proyek ini Bobbing Forest.

Awalnya Bobbing Forest terinspirasi oleh sebuah karya seni berjudul In Search of Habitus yang dibuat seniman Jorge Bakker. Meniru bentuk In Search of Habitus, dibuatlah pot-pot berukuran besar dari pelampung yang akan menampung pepohonan. Pot berbentuk lingkaran ini kemudian dilepaskan di permukaan air.

The Bobbing Forest 2016 Dobberendbos.nl

“Sebagian besar Bobbing Forest akan dibuat dari bahan yang sudah ada,” tulis para penggagas proyek Bobbing Forest dalam situs resmi. “Pohon-pohonnya merupakan sumbangan Bomendepot.”

Proyek ini juga dimaksudkan untuk menyelamatkan pohon-pohon yang harus ditebang saat infrastruktur di kota direnovasi atau dibongkar.

The Bobbing Forest 2016 Dobberendbos.nl

“Setiap kali bagian kota direnovasi, pohon-pohon harus dipindahkan. Dulu pohon-pohon ini akan mati. Tetapi saat ini Departemen Pekerjaan Umum kota menyimpan pohon-pohon itu di Bomendepot. Dua puluh pelampung laut tua dari Laut Utara akan diberikan oleh Rijkswaterstaa.”

The Bobbing Forest 2016 Dobberendbos.nl

Pada tahun 2014 satu pot Bobbing Forest berhasil melalui masa uji coba. Tahun ini akan ada lebih banyak lagi pot Bobbing Forest yang diluncurkan.

The Bobbing Forest 2016 Dobberendbos.nl

The Bobbing Forest 2016 Dobberendbos.nl

Jika sudah diluncurkan nanti, Bobbing Forest tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi warga kota Rotterdam dan sekitarnya.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer