Tingkatkan Program Jamkesda, Pemkot Depok Jalin Kerjasama Dengan 34 Rumah Sakit

Tingkatkan Program Jamkesda, Pemkot Depok Jalin Kerjasama Dengan 34 Rumah Sakit

HarianDepok.com – Berita , Untuk memaksimalkan pelayanan kesehatannya kepada masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok saat ini telah menjalin kerjasama dengan sejumlah Rumah Sakit (RS) yang ada di wilayah kota Depok. Diketahui bahwa sebanyam 34 Rumah Sakit telah ikut berpartisipasi dalam menunjang program kesehatan yang dikeluarkan oleh Pemkot Depok (Jamkesda).

Guna memastikan hal tersebut berjalan dengan baik, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail turut terjun kelapangan ikut menyaksikan proses perjanjian kerjasama tersebut yang dilakukan di Balaikota Depok, Jawa Barat pada Kamis (21/01/2016).

“Terjalinnya kerjasama ini merupakan salah satu wujud nyata dari keseriusan Pemkot Depok dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya masyarakat yang kurang di bidang kesehatan. Maka daripada itu adanya kerjasama dengan sejumlah rumah sakit kali ini, diharapkan dapat mampu memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat kota Depok,” ujarnya.

Nur mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada 34 Rumah Sakit yang saat ini sudah bersedia untuk ikut berpartisipasi membangun kota Depok agar menjadi lebih sehat dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat kota Depok yang membutuhkan. Dengan adanya perihal tersebut dirinya optimis dapat melihat kota Depok yang sehat karena sudah ditunjang dengan pelayanan kesehatan yang baik.

Selain daripada itu, Nur juga memaparkan, terjalinnya kerjasama Pemkot Depok dengan sejumlah Rumah Sakit yang ada di wilayah kota Depok dianggap sebagai salah satu solusi dimana dapat menolong masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang setara dengan yang lainnya tanpa harus tebebani dengan biaya pelayanan kesehatan.

“Program ini kami tujukan untuk masyarakat yang masih masuk ke dalam kategori kurang mampu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Maka daripada itu program ini bisa diartikan sebagai salah satu program kepedulian pemerintah kepada masyarakat khususnya golongan rendah agar lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Noerzamantie Lies dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan, pihaknya dalam mengupayakan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat kota Depok telah berusaha semaksimal mungkin dalam mencapainya dengan harapan, tingkat kesehatan masyarakat kota Depok dapat lebih baik lagi.

Lies juga mengatakan bahwa setiap warga kota Depok yang tergolong kurang mampu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan paripurna meskipun mereka belum terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan. “Sampai dengan saat ini ada 34 rumah sakit negeri dan swasta yang sudah ikut berpartisipasi dalam memberikan pelayanan kepada warga kota Depok melalui Jamkesda yang sudah diterapkan oleh Pemkot Depok,” katanya.

Menurut penjelasannya, usai dilaksanakannya penandatanganan kesepakatan kerjasama pihaknya dengan sejumlah Rumah Sakit yang ada, warga kota Depok yang tergolong kurang mampu apabila membutuhkan pelayanan di rumah sakit pasti akan segera mendapatkannya. Agar tidak ada yang merasa dirugikan, pihak rumah sakit bisa dapat mengajukan klaim biaya pengobatan ke Dinkes Kota Depok.

“Untuk mendukung program tersebut agar dapat berjalan dengan baik, pihak kami sudah menganggarkan dana dari bantuan sosial sebesar 9 miliar rupiah. Semoga dana yang sudah disediakan ini, dapat membantu warga kota Depok dalam mendapatkan pelayanan kesehatan diseluruh rumah sakit di wilayah kota Depok yang sebelumnya sudah bekerjasama dengan pihak kami,” tandasnya.(Izl/HD)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: