Pantau Keamanan di Keramaian Kota, Polresta Depok Terjunkan Satuan Polisi Bersepeda

Pantau Keamanan di Keramaian Kota, Polresta Depok Terjunkan Satuan Polisi Bersepeda

HarianDepok.com – Berita , Satuan Sabhara Polresta Depok bersepeda yang pada akhir tahun lalu secara resmi diluncurkan oleh Polresta Depok guna menunjang keamanan wilayah kota Depok, saat ini keberadaannya semakin terlihat sejak diresmikannya jalur khusus sepeda oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang pada pengerjaannya telah menghabiskan dana APBD mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut data yang dihimpun, petugas kepolisian dengan menggunakan sepeda tersebut dikhususkan untuk bertugas menyisir lokasi lokasi yang tidak terjangkau dengan kendaraan bermesin. Terlebih lagi akan adanya kasus teror bom yang menimpa wilayah Ibukota Jakarta pada beberapa waktu lalu yang sempat menewaskan beberapa Warga Negara Indonesia dan Asing.

“Agar pengawasan terhadap keamanan di kota Depok lebih efektif dan menyeluruh, kami sengaja menerjunkan petugas bersepeda yang dapat menjangkau daerah daerah yang sulit untuk dijangkau dengan kendaraan lain. Dengan adanya petugas bersepeda di Depok ini kami harapkan dapat mampu meningkatkan kualitas keamanan di wilayah kota Depok secara merata,” ujar Kapolresta Depok, Komisaris Besar Dwiyono di Depok, Rabu (20/01/2016).

Dwiyono menjelaskan, adanya petugas kepolisian dengan menggunakan sepeda di kota Depok saat ini dimaksudkan agar anggotanya dapat lebih leluasa dalam bertugas dan menyisir ke lapangan dalam mengamankan wilayah kota Depok. Seperti halnya memasuki jalan jalan yang sempit dan area area yang sulit untuk dijangkau oleh kendaraan lainnya.

“Petugas kepolisian bersepeda ini sengaja kami turunkan agar dapat meminimalisir akan terjadinya tindak tanduk kejahatan dan aksi kriminal yang ada di wilayah kota Depok. Apabila ada petugas yang berpatroli dengan menggunakan seragam lengkap, para pelaku tindak kejahatan bisa mengurungkan niatnya untuk melakukan aksinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Sabhara Polresta Depok, Komisaris Polisi, Ahmad Yani dalam menanggapi perihal tersebut mengatakan, pihaknya dalam menjalankan tugasnya mengamankan wilayah kota Depok mengaku telah menerjunkan 10 orang anggotanya lengkap dengan seragam dan sepeda untuk berpatroli ke sejumlah tempat yang sulit terjangkau dengan kendaraan lainnya.

“Dengan diterjunkannya anggota polisi yang menggunakan sepeda, diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh masyarakat kota Depok secara menyeluruh karena pergerakan mereka yang fleksibel dan dapat menjangkau daerah daerah keramaian seperti di pusat perbelanjaan dan hotel,” tandasnya.(Izl/HD)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)