Pendukung Jokowi Desak Sahkan Menteri Pilihan Rakyat

Pendukung Jokowi Desak Sahkan Menteri Pilihan Rakyat.

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Setelah pengumuman presiden dan wakil presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Joko Widodo-Jusuf Kalla, organisasi relawan telah aktif mencalonkan calon menteri untuk pemerintahan berikutnya. Mereka menyebutnya “Pilihan Rakyat Untuk Kabinet Alternatif”.

Beberapa nama yang akan mengisi posisi menteri di kabinet Jokowi-JK diberikan kepada masyarakat untuk memutuskan dan memilih secara bebas.

Jimly Asshiddiqie, Ketua Penyelenggara Pemilu Etika Dewan, mengatakan pemilihan anggota kabinet ini seharusnya belum diterapkan.

“Orang-orang harus menghormati proses hukum yang sedang berlangsung. Empat puluh persen masyarakat kecewa dan berjuang di Mahkamah Konstitusi (MK),” katanya.

Ahli hukum tata negara Refly Harun mengatakan gugatan dari kamp Prabowo mengenai hasil pemilu masih bisa membatalkan atau menunda kemenangan Jokowi. Antusiasme masyarakat dalam menentukan calon menteri bisa menjadi sedikit bermasalah.

“Secara etika, itu sedikit bermasalah, tapi kita tidak bisa melarang mereka untuk mengekspresikan aspirasi mereka.”  Tuturnya.

Posisi Jokowi dan JK sebagai presiden dan wakil presiden tidak sepenuhnya dijamin namun karena Prabowo-Hatta mengajukan gugatan ke MK setelah KPU mengumumkan bahwa Jokowi-JK memenangkan pemilihan presiden.

Refly mengatakan hasil penghitungan suara berdasarkan formulir C1 yang dilakukan oleh tim sukses Prabowo tidak 100 persen. Dia menambahkan tim juga telah gagal membuktikan penipuan pemilihan besar dan terstruktur yang mereka tuduhkan.

Prabowo-Hatta menduga terdapat aksi penipuan pemilu di 52.000 TPS yang terdiri dari 21 juta orang. Sidang sengketa akan dimulai pada 6 Agustus 2014.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)