MSF Kutuk Serangan Terhadap Rumah Sakit Gaza

MSF Kutuk Serangan Terhadap Rumah Sakit Gaza

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Organisasi medis internasional, Medecins Sans Frontieres, mengutuk keras serangan terhadap rumah sakit Al Shifa di Kota Gaza pada 28 Juli 2014 lalu. Al Shifa adalah rumah sakit rujukan yang paling utama untuk korban di Jalur Gaza.

Serangan ini adalah pemboban terbaru dari fasilitas kesehatan, di mana ribuan orang telah mengungsi sejak Israel meluncurkan Operasi Pelindung tiga minggu lalu, dan menunjukkan bagaimana warga sipil di Gaza tidak punya tempat yang aman untuk di tinggali.

“Penargetan rumah sakit dan lingkungan benar-benar tidak dapat diterima dan merupakan pelanggaran serius terhadap Hukum Humaniter Internasional,” kata Tommaso Fabbri, kepala MSF di Wilayah Palestina.

“Bagaimana pun kondisinya, fasilitas kesehatan dan tenaga medis harus dilindungi. Tapi di Gaza saat ini, rumah sakit tidak benar-benar dilindungi.” Sambungnya.

Satu jam setelah Al Shifa diserang, roket menyerang kamp pengungsi Shati. Banyak korban terluka, dan sebagian besar adalah anak-anak.

“Dua pertiga dari korban yang saya lihat di Al Shifa adalah anak-anak,” kata Michele Beck, penasihat medis MSF di Gaza.

Dalam tiga minggu terakhir, ambulans lokal dan paramedis Bulan Sabit Merah membawa korban tewas dan terluka.

Pada 20 Juli lalu, Israel menyerang wilayah Palestina dan hanya berjarak beberapa ratus meter dari mobil MSF. Pada hari yang sama, rudal

yang gagal meledak, jatuh di sekitar 10 meter dari tenda MSF yang didirikan di kompleks rumah sakit Nasser, di Gaza selatan.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)