100 Orang Tewas Dalam Kerusuhan di Cina.

100 Orang Tewas Dalam Bentrokan di Cina.

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Bentrokan di Xinjiang, rumah bagi minoritas Uighur China yang sebagian besar Muslim, menyebabkan hampir 100 orang tewas dan luka-luka. Serangan ini dilakukan oleh sekelompok orang dengan senjata tajam seperti pisau dan kapak.

“Petugas polisi di tempat kejadian menembak mati puluhan anggota massa,” kata kantor berita resmi Xinhua.

Pemerintah Xinjiang menggambarkan kekerasan sebagai “serangan teror” yang sangat mengerikan.

Han adalah kelompok etnis terbesar Cina, yang anggotanya telah bermigrasi dalam jumlah besar ke Xinjiang beberapa dekade terakhir.

Juru bicara Kongres Uighur, mengatakan dalam sebuah surat elektonik (e-mail): “Hampir 100 orang tewas dan terluka selama bentrokan itu.”  Tulisnya.

Kekerasan itu terjadi, ia menambahkan, ketika Uighur bangkit untuk melawan kebijakan penguasa China yang ekstrim dan bertemu dengan represi bersenjata yang mengakibatkan tewasnya orang-orang di kedua belah pihak.

Raxit sebelumnya mengatakan lebih dari 20 orang Uighur tewas dan 10 luka-luka, sementara total 13 personel bersenjata Cina tewas dan sekitar 67 orang telah ditangkap.

Kekerasan terjadi di Shache county, atau Yarkand di Uighur, dekat tepi gurun Taklamakan di bagian barat. Menurut Xinhua, kejadian ini terorganisir dan telah direncanakan.

Beijing umumnya menyalahkan separatis dari Xinjiang dalam melaksanakan serangan teror yang telah berkembang dan menyebar di luar wilayah yang  kaya sumber daya.

Bulan lalu, pemerintah daerah mengatakan bahwa polisi menembak mati 13 orang setelah mereka meledakkan sebuah kantor polisi.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)