Debat Sopir Taksi dan Polantas: Bedanya Parkir dan Berhenti

Debat Sopir Taksi dan Polantas: Bedanya Parkir dan Berhenti

HarianDepok.com – TechNews , Sudah beberapa hari ini sebuah video penilangan terhadap pengguna kendaraan tengah ramai diperbincangkan netizen. Terdapat kejadian menarik di jalan raya antara sopir taksi dengan polisi yang sedang melakukan patroli. Keduanya kemudian berdebat usai sopir taksi akan di tilang. Kejadian yang direkam oleh Net TV itu, memperlihatkan seorang polisi yang akan menilang sopir taksi karena berhenti sembarangan di pinggir jalan.

Karena merasa tidak bersalah, sang sopir taksi pun kemudian berargumen bahwa dirinya tidak parkir, melainkan hanya berhenti sejenak. Akan tetapi, polisi tetap ngotot menilang sopir taksi tersebut karena dianggap parkir di pinggir jalan. Kemudian polisi pun menunjuk rambu-rambu lalu lintas yang terpasang di atas. Terdapat rambu-rambu dilarang parkir.

Lagi-lagi argumen polisi dianggap tidak tepat oleh sopir taksi. Menurut sopir taksi, antara berhenti dan parkir itu berbeda. Pasalnya di jalan tersebut tidak ada larangan berhenti atau S yang diberi tanda silang merah. Seperti yang diketahui, definisi berhenti dan parkir sudah diatur dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu Lintas. Dalam Bab I Pasal I nomor 15 dan 16 dijelaskan secara rinci, berikut rinciannya:

  1. Parkir adalah keadaan Kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya.
  2. Berhenti adalah keadaan Kendaraan tidak bergerak untuk sementara dan tidak ditinggalkan pengemudinya.

Lalu menurut kamu siapa yang benar? Lihat video nya di link berikut ini:

http://on.fb.me/1Ku73WB

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: