Dodol Khas Depok, Kini Sulit Ditemui

PRODUKSI DODOL BETAWI

HarianDepok.com – Berita , Dodol Depok, yang merupakan makanan atau oleh-oleh khas dari Depok ternyata hingga saat ini masih menjadi pilihan favorit sebagai sajian di hari raya lebaran.

Rasa khas dodol buatan warga Depok tertanam dalam hati bagi penyuka makanan kenyal ini. Tidak cocok terasa ketika Idhul Fitri tanpa menyuguhkan makanan berwarna hitam bertekstur kenyal ini. Selain rasayan yang legit, dodol Beji memiliki karakteristik lainnya, yakni: harum, manis alami, pulen dan kenyal.

Sebagai panganan buatan tangan, warga Depok memberikan nama Soedira pada dodol ini. Dodol dikemas membentuk bola atau bulatan panjang yang siap untuk sekali santap.

“Bagi saya, harus ada dodol Depok untuk Idul Fitri diantara kue lainnya. Saya tidak cocok jika tidak ada dodol Depok,” kata salah satu warga Beji, Depok, Adi Gamura Beji, saat ditemui di rumahnya kemarin.

Menurut Adi, hidangan dodol Depok selama Idul Fitri telah menjadi tradisi keluarga selama beberapa generasi. Tapi, sayangnya, produsen dodol Depok dari tahun ke tahun sudah mulai sulit ditemui.

“Di masa lalu, hampir semua warga Beji bersama-sama membuat dodol sebelum lebaran, dan harus satu hari membuatnya.” Kata Adi.

Adi menyesali tidak adanya generasi penerus yang dapat membuat dodol Depok, dodol Depok jadi sulit ditemui akhir-akhir ini.

“Hari ini, mungkin hanya beberapa orang yang masih membuat dodol Depok, ada juga yang langsung memproduksi dodol Depok dalam skala besar.” Katanya.

[adm/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)