Besar Meja Ternyata Pengaruhi Porsi Makanan Kita

besar-meja-ternyata-pengaruhi-porsi-makanan-kita

HarianDepok.com – Berita Unik – Sebuah penelitian membuktikan bahwa meja merupakan salah satu faktor yang dapat berpengaruh pada porsi makan seseorang. Melalui beberapa percobaan, terbukti bahwa seseorang cenderung makan lebih sedikit ketika menggunakan meja yang besar.

Dilansir dari Eurekalert, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the Association for Consumer Research menyatakan bahwa besar meja makan dapat berpengaruh terhadap porsi makanan seseorang. Semakin besar meja yang digunakan maka semakin sedikit jumlah makanan yang akan dikonsumsi oleh seseorang.

Dalam penelitian tersebut, makanan yang digunakan adalah pizza dengan ukuran besar. Terdapat empat pizza yang dibagi menjadi dua pizza dengan potongan biasa dan dua yang lainnya dengan potongan kecil. Setelah itu digunakan juga dua jenis meja yaitu yang berukuran sedikit lebih besar dari pizza dan yang berukuran jauh lebih besar dari pizza.

Selanjutnya peneliti menggunakan 219 partisipan yang merupakan mahasiswa dan membagi mereka pada salah satu dari empat meja yang telah disediakan. Dari percobaan tersebut diketahui bahwa partisipan mengambil jumlah yang sama pada pizza ukuran sedang dan kecil ketika disajikan pada meja yang besar. Penggunaan meja tersebut menjadikan mereka berpikir bahwa besar potongan pizza yang mereka ambil sama.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa besar meja yang digunakan dapat mempengaruhi pikiran seseorang untuk makan lebih sedikit. Cara ini mungkin dapat dicoba pada Anda yang sedang membatasi makan.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer