Surga Tersembunyi Dibawah Gua Hawang Kepulauan Kei

surga-tersembunyi-di-bawah-gua-hawang-kepulauan-kei

HarianDepok.com – Berita Unik – Keindahan pesona Indonesia bahkan tersimpan pula di tempat tersembunyi. Bila wisatawan selama ini hanya tahu tentang Pulau Kei yang menyuguhkan keindahan pantainya yang eksotis,ternyata juga menyimpan keindahan dalam gua. Gua tersebut diberi nama Gua Hawang yang terletak di Desa Letyuan, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Gua yang dikelilingi hutan ini memiliki kolam yang airnya jernih. Bahkan, lokasinya hanya berjarak 15 km dari Kota Tual. Seperti apa keseruan berlibur ke sini dan bagaimana aksesnya?

Eksplorasi Wisata alam Gua Hawang


flickr.com/Eddie Likumahua

Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah stalaktit yang sangat menarik. Keanekaragaman budaya dan adat istiadat yang ada di Indonesia membuat munculnya sebuah cerita mitos di hampir setiap tempat wisatanya, tak terkecuali Gua Hawang.

Konon, seorang pria dan anjingnya telah dikutuk menjadi batu setelah meminum air Gua tersebut. Wisatawan dapat melihat bagaimana perwujudan batu kutukan yang dimitoskan masyarakat setempat. Selain itu, kolam air di dalam Gua merupakan daya tarik tersendiri. Air tersebut berasal dari sumber air dalam tanah.

Bagi para pecinta diving, tidak ada salahnya untuk menyelami kolam Gua dan masuk ke dalam lubang-lubang yang tembus satu sama lain. Lokasi ini merupakan destinasi wisata wajib bila mengunjungi Pantai Ngurbloat, Kepulauai Kei.

How to Get There?


saifulazwar.tumblr.com

Akses untuk menuju Gua Hawang sangatlah mudah. Wisatawan bisa menggunakan jalur udara untuk menghemat waktu dan jarak tempuh. Perjalanan bisa dimulai dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta menuju Bandara Dumatubun di Kota Tual dengan maskapai Lion Air dan Wings Air. Tarif pergi dengan kedua maskapai tersebut hanyalah Rp 1.848.800,-.

Agar lebih praktis, bisa juga langsung memesan penerbangan pulang-pergi dengan maskapai yang sama dan tarif Rp 4.080.100,-. Setelah mendarat di Bandara Dumatubun, perjalanan dilanjutkan menuju Gua Hawang sejauh 15 km dengan menggunakan angkutan umum atau kendaraan sewaan.

Nikmati Menginap di Coaster Cottage


coastercottages.wordpress.com

Rasanya travelling kurang lengkap bila tidak beristirahat sejenak di penginapan yang dekat dengan tempat wisata. Lokasinya dekat dengan Pantai Pasir Panjang, Tual, Pulau Kei. Coaster Cottage merupakan guest house dengan bangunan tradisional yang menghadap ke pantai serta memberikan ruangan yang bersih dan nyaman untuk disinggahi.

Wisatawan bisa melakukan reservasi melalui travel agent terpercaya atau melakukan kontak terlebih dahulu melalui situs resminya. Cottage ini juga menyediakan layanan antar jemput menuju Bandara, sehingga mempermudah kegiatan travelling. Nikmati sunset dan sunrise dari Pantai Tanjung, dan istirahatlah sebentar agar punya cukup stamina untuk mengeksplorasi Gua Hawang.

Ada banyak pilihan cara untuk bisa sampai di Gua Hawang. Selain dengan transportasi dan akomodasi secara terpisah, wisatawan juga bisa menggunakan jasa tour and travel yang menyediakan transportasi dari bandara dan akomodasi di Coaster Cottage. Tentunya, dengan harga paket lebih ekonomis. Lakukan pemesanan tour di Kepulauan Kei melalui travel agent lokaluntuk mendapatkan harga spesial mengeksplorasi seluruh Pulau Kei.

Keindahan Gua Hawang yang berbalut mitos dari masyarakat setempat menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Kei. Tunggu apalagi segera lakukan reservasi dan terbang ke Maluku.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer