Unik! Ini Makna Tersembunyi Dibalik Tanda Barbershop

unik-ini-makna-tersembunyi-dibalik-tanda-barbershop

HarianDepok.com – Berita Unik – Barbershop atau tukang pangkas rambut merupakan sebuah tempat bagi pria untuk merapikan dan merawat rambut yang ada di tubuh mereka. Disaat bertumbuh dan berkembangnya perawatan rambut pria saat ini, sebuah tanda yang terdapat di depan barbershop bukan lah hal yang cukup aneh dan asing lagi bagi kita. Tetapi siapa sangka bahwa sesungguhnya tanda dengan warna merah, putih, dan kadang biru tersebut memiliki sebuah makna yang tersembunyi.

Untuk dapat mengartikan makna dibanding simbol yang biasa digunakan pada barbershop tersebut, sebelumnya penting untuk memahami peran tukang cukur pada masa lalu. Dilansir dari Today i Found Out, pada banyak kebudayaan kuno, mencukur rambut biasanya hanya boleh dilakukan oleh pendeta untuk sekaligus mencegah munculnya jiwa-jiwa jahat yang mengejar manusia.

Pada kisaran tahun 1100-an, tukang cukur memiliki sebuah tugas tambahan yang harus mereka lakukan yaitu untuk melakukan operasi dan mengeluarkan darah. Sebelumnya kedua tugas tersebut dilakukan oleh biarawan dan pendeta sampai Pais mengeluarkan aturan yang berbunyi bahwa melakukan operasi termasuk hal yang menyalahi kodrat.

Dari peran yang dimilikinya tersebut sebagai seorang yang melakukan operasi, maka lahirlah simbol putih, merah, biru pada tukang cukur. Putih mewakili perban dan pakaian yang digunakan, merah merupakan lambang dari darah, dan biru merupakan lambang dari pembuluh darah.

Biasanya setelah melakukan operasi, seorang tukang cukur akan menjemur baju yang digunakannya di depan toko. Baju yang biasanya juga tercampur dengan bercak darah ketika mengoperasi tersebut merupakan awal dari tanda merah dan putih yang dipasang di depan barbershop. Dengan penambahan warna biru yang mencerminkan pembuluh darah maka muncullah lambang yang biasa kita lihat.

Pemilihan bentuk yang menyerupai tongkat pada tanda barbershop juga merupakan simbol dari alat berupa tongkat yang digunakan pada masa lalu untuk mengambil darah. Jadi sebenarnya walaupun lucu dan berwarna-warni, tanda melingkar di depan barbershop sebenarnya memiliki makna yang menjelaskan sejarah profesi mereka dengan operasi dan hal yang mereka lakukan di masa lalu.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer