Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun Sophie Taeuber-Arp

Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun Sophie Taeuber-Arp

HarianDepok.com – TechNews , Mesin pencarian raksasa Google pada hari ini, Selasa (19/01/2016) turut merayakan ulang tahun Sophie Taeuber-Arp yang ke-127 melalui Doodle nya. Seniman asal Swiss ini menjadi sosok terdepan gaya abstraksi geometrik, bagian dari aliran abstrak, yang salah satunya dapat dilihat di halaman utama Google hari ini. Dalam google doodle hari ini, kita bisa melihat sebuah lukisan yang membentuk kata Google, tetapi dengan gaya yang unik.

Alih-alih lukisan tersebut acak adut, elemen-elemennya membentuk persegi atau persegi panjang dengan warna-warna indah sedemikian rupa. Inilah yang disebut abstraksi geometrik. Sophie Taeuber-Arp yang lahir di Davos, Swiss pada 19 Januari 1889 menjadi salah satu pelopor gaya tersebut. Seniman yang juga dikenal sebagai penari dan pemahat ini, memiliki segudang keahlian di dunia seni, beberapa di antaranya merupakan terobosan besar yang melewati sejarah.

Sampai-sampai bank Swiss mengeluarkan uang kertas dengan potret dirinya untuk pecahan 50 franc, yang bertahan sejak 1995. Sophie Taeuber-Arp tidak hanya diakui oleh Swiss semata. Banyak museum di dunia yang menyimpan karya-karya luar biasa perempuan yang bersuamikan Jean Arp, seniman aliran Dadaisme. Hingga kini, setiap karya Taeuber-Arp diyakini sebagai daftar teratar dalam aliran modern klasik. Seniman yang bertanggung jawab pada doodle di Google hari ini, Mark Holmes menuturkan,

“Ini adalah doodle yang sangat menyenangkan karena Sophie Taeuber-Arp adalah seorang seniman produktif dengan karya begitu beragam. Saya hampir tidak bisa mengambil keputusan mana karyanya yang dijadikan inspirasi untuk doodle ini.” ujarnya. “Mudah-mudahan saya bisa menangkap semangat setidaknya satu aspek dari karya Sophie Taeuber-Arp dan membantu menarik lebih banyak bola mata untuk melirik kontribusi besarnya ke dalam dunia seni.” tutupnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: