Pemkot Depok Terapkan Kantong Plastik Berbayar di Kotanya

Pemkot Depok Terapkan Kantong Plastik Berbayar di Kotanya

HarianDepok.com – Berita , Upaya Pemerintah Indonesia dalam menekan jumlah sampah yang ada saat ini telah menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar yang dikeluarkan langsung keputusannya oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan harapan dapat membangun kesadaran masyarakat dalam permasalahan sampah yang sampai saat ini volumenya semakin bertambah akibat lonjakan penduduk dan pertumbuhan ekonomi.

Dalam mengaplikasikan kebijakan tersebut, sebanyak 17 kota sudah menerapkannya dilapangan. Salah satu kota yang rencananya akan menerapkan kebijakan tersebut salah satunya adalah kota Depok yang dalam merealisasikan kebijakan tersebut akan memungut biaya tambahan kepada konsumen dalam penggunaan kantong plastik pada saat mereka berbelanja di sejumlah tempat perbelanjaan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Depok, Wijayanto dalam tanggapannya mengenai direalisasikan kebijakan tersebut di kota Depok mengaku banyak terjadi perdebatan di masyarakat akan adanya perihal tersebut. Pasalnya hal tersebut banyak yang menganggap kurang efektif dan terlalu memberatkan para konsumen.

Namun, banyak Juga masyarakat yang setuju akan adanya kebijakan tersebut yang dianggap dapat mengurangi volume sampah. Selain daripada itu, hal tersebut juga secara tidak langsung dapat mendidik masyarakat secara perlahan dalam membiasakan dirinya untuk selalu memperhatikan kebersihan dari sampah.

“Menurut saya kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas adanya kantong plastik berbayar dapat berdampak positif. Untuk itu saya pribadi sangat mendukung hal tersebut karena dampaknya sangat baik bagi kota dan kesehatan lingkungan,” ujarnya, Sabtu (16/01/2016).

Ia menjelaskan, dalam menerapkan kebijakan tersebut dilapangan nantinya para konsumen akan dikenakan biaya tambahan untuk setiap kantong plastik yang dipakainya dengan harga yang ditentukan oleh masing masing pelaku usaha. Dengan adanya perihal tersebut, diharapkannya dapat merubah pola hidup masyarakat yang dahulunya tidak peduli akan halnya sampah dapat berubah menjadi karakter yang baik dan peduli akan lingkungan.

“Apabila penggunaan kantong plastik dikenakan biaya tambahan kepada para konsumen yang tidak membawa tempat untuk barang belanjaannya, maka saya yakin jumlah sampah yang ada di kota Depok dapat berkurang dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dari sampah plastik,” jelasnya.

Perlu diketahui bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mendukung dan menjalankan kebijakan tersebut rencananya akan menerapkannya pada bulan Februari 2016 mendatang. Untuk itu masyarakat kota Depok dihimbau untuk lebih bijak dalam penggunaan kantong plastik yang dimana pada saat hal tersebut diterapkan maka beban biaya konsumen dalam berbelanja kebutuhan akan meningkat daripada biasanya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)