Meja Berdiri Ternyata Dapat Meningkatkan Kecerdasan Siswa

meja-berdiri-ternyata-dapat-meningkatkan-kecerdasan-siswa

HarianDepok.com – Berita Unik – Penggunaan standing desk atau meja berdiri memang masih belum umum dan banyak ditemui di Indonesia. Mungkin hanya di beberapa tempat makan saja meja seperti ini mudah ditemui namun untuk di sekolah masih belum banyak. Tetapi sebuah penelitian menyebutkan bahwa penggunaan meja jenis ini ternyata dapat meningkatkan kecerdasan yang dimiliki siswa.

Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian yang dilakukan Texas A&M Health Science Center School of Public Health menyatakan bahwa siswa dapat berpikir dalam kondisi yang lebih baik ketika mereka sedang berdiri. Penelitian tersebut merupakan yang pertama menghubungkan antara manfaat dari penggunaan standing desk atau meja berdiri terhadap otak.

Untuk membuktikan hal tersebut dilakukan sebuah penelitian dengan memanfaatkan siswa SMA kelas satu selama satu tahun. Dilakukan penilaian terhadap mereka pada saat awal masuk sekolah serta pada saat akhir tahun ajaran. Para siswa itu menggunakan meja berdiri sepanjang tahun ajaran tersebut untuk mengetahui manfaatnya pada otak.

Setelah penelitian yang dilakukan sepanjang tahun tersebut, Dr. Ranjana Mehta selaku peneliti melakukan tes untuk menguji keterampilan kognitif yang dimiliki oleh siswa. Dari tes tersebut diketahui bahwa penggunaan secara terus menerus dari meja berdiri mampu menimbulkan peningkatan yang signifikan dalam fungsi kognitif dan kemampuan memori yang bekerja pada siswa.

Sebuah penelitian lain juga telah mengungkapkan bahwa penggunaan meja berdiri dapat membuat siswa lebih fokus dan berperilaku lebih baik ketika di dalam kelas. Dari hasil penelitian tersebut tampaknya kini sebaiknya sekolah mulai memikirkan untuk mengganti jenis meja yang mereka gunakan untuk lebih memaksimalkan potensi siswa.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer