Koleksi Piringan Hitam Hobi Kuno Yang Jadi Trend Lagi

koleksi-pringan-hitam-hobi-kuno-yang-jadi-tren-lagi

HarianDepok.com – Berita Unik – Hampir semua orang di dunia dari seluruh usia memiliki kegemaran untuk mendengarkan musik. Hampir semua orang pasti menyimpan musik di gadget yang dimilikinya. Berubahnya format musik menjadi lebih personal pada tiap gadget yang dimiliki membuat musik kini lebih banyak dinikmati dalam bentuk digintal dibanding rilisan fisik seperti kaset dan CD. tetapi di tengah merosotnya penjualan musik ini ternyata terdapat hobi koleksi piringan hitam yang justru lebih kuno dan menjadi populer lagi saat ini.

Piringan hitam atau vinyl merupakan salah satu format fisik penyimpanan musik yang paling kuno. Pada jaman dahulu sebelum kaset dan CD dikenal, format piringan hitam ini merupakan satu-satunya media penyimpanan musik yang digunakan oleh orang. Tetapi walaupun dianggap kuno dan membutuhkan pemutar khusus dengan bentuk cukup besar, tetapi saat ini piringan hitam tengah naik daun kembali.

Penjualan piringan hitam saat ini juga sedang menikmati peningkatan penjualan yang cukup besar dibanding sebelumnya. Meredupnya kaset dan CD ternyata menyebabkan salah satu bentuk penyimpanan musik menjadi meningkat kembali dan disukai oleh banyak orang. Sebuah riset yang dilakukan oleh Nielsen SoundScan bahkan menunjukkan peningkatan yang sangat besar pada tahun 2013.

Hal-hal yang mendasari peningkatan ini adalah karena kualitas suara yang dianggap lebih baik dibanding format musik lain serta bentuk fisik piringan hitam yang lebih besar sehingga dapat menampilkan artwork atau karya seni yang terdapat pada sampul album. Sebagian besar orang mengoleksi piringan hitam ini untuk dipajang baik berupa koleksi pringannya ataupun sampulnya saja.

Meningkatnya minat ini juga didukung oleh semakin banyaknya musisi yang mengeluarkan album dengan format ini. Di Indonesia sendiri beberapa artis terutama yang dinaungi oleh label independen turut mendukung semakin berkembangnya hobi dan kegemaran dalam mengoleksi piringan hitam ini.

Jika Anda penasaran dengan kualitas dari piringan hitam ini coba bongkar gudang, siapa tahu Anda menemukan koleksi piringan hitam dan pemutar milik kakek atau nenek Anda.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer