Memancing Sepeda Pada Kanal – Kanal Di Amsterdam

memancing-sepeda-pada-kanal-kanal-di-amsterdam

HarianDepok.com – Berita Unik – Amsterdam merupakan salah satu kota dengan tingkat kepadatan sepeda paling tinggi. Setidaknya terdapat 800 ribu hingga 1 juta sepeda yang terdapat di kota tersebut. Sekitar 40 hingga 60 persen penduduk di kota tersebut menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi utama mereka sehari-hari. Selain sepeda, Amsterdam juga dikenal dengan kanal-kanal atau jalur air yang terdapat di kota tersebut.

Amsterdam memiliki 165 kanal dengan panjang keseluruhan lebih dari 100 kilometer. Kombinasi antara jumlah sepeda dan kanal yang banyak ini ternyata menyebabkan sebuah hal unik yaitu banyaknya sepeda yang tercebur dan tenggelam di kanal tersebut. Dilansir dari Amusing Planet, tiap tahunnya ada sekitar 15 ribu sepeda yang tenggelam di kota tersebut. Hal ini menyebabkan munculnya sebuah profesi unik yaitu pemancing atau pembersih sepeda yang ada di kanal.

Memancing sepeda di Amsterdam Pien Huang/PRI

Salah satu perusahaan yang bertanggung jawab terhadap kebersihan kanal ini menggunakan sebuah alat khusus untuk memancing dan menarik sepeda-sepeda tersebut keluar dari kanal. Alat tersebut memiliki ujung seperti cakar untuk memancing dan membersihkan sepeda-sepeda tersebut dari dasar kanal. Perusahaan bernama Waternet ini sendiri telah melakukan hal tersebut sejak tahun 1960-an.

Ternyata sebagian dari sepeda tersebut ternyata bukannya tidak sengaja tercebur melainkan memang dibuang ke kanal oleh pemiliknya. Kebiasaan membuang sampah di kanal ini sebenarnya merupakan kebiasaan kuno di Amsterdam ketika kanal masih digunakan sebagai selokan untuk membuang sampah.

Sepeda-sepeda yang berhasil dipancing tadi kemudian akan dilebur bersama-sama. Walau begitu ternyata bukan hanya sepeda saja yang dapat ditemui di kanal-kanal tersebut. Beberapa kali perusahaan ini juga mengangkat kulkas bahkan mobil yang tercebur ke dalam kanal. Kegiatan memancing sepeda ini kini menjadi salah satu hal yang menarik bagi wisatawan yang mengunjungi Amsterdam.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer