Dinkes Depok Akan Tambah Kegiatan PKP di Tahun 2016 Ini

Dinkes Depok Akan Tambah Kegiatan PKP di Tahun 2016 Ini

HarianDepok.com – Berita , Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dalam meningkatkan kualitas kesehatan di wilayahnya saat ini berencana akan menambahkan kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) dan menambahkan jumlah kepesertaaannya sebanyak tiga kali lebih banyak dibandingkan di tahun 2015 kemarin yang kegiatannya hanya dilakukan sebanyak dua kali saja.

Hal tersebut diutarakan langsung oleh Kepala Seksi Pengawasan Obat dan Makanan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Sih Mahayanti yang membenarkan bahwa adanya beban kerja yang lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan tujuan agar dapat memudahkan para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya dengan baik.

“Kegiatan yang kami adakan ini adalah salah satu upaya kami dalam memudahkan para pelaku usaha yang ada di kota Depok agar dapat menjalankan usahanya dengan lebih baik lagi. Untuk memaksimalkannya di tahun ini, kegiatan dan kuota pesertanya akan kami tambah lebih banyak ketimbang di tahun yang sebelumnya yang hanya dilakukan sebanyak dua kali saja,” ujarnya di Depok, Sabtu (16/01/2016).

Sih menjelaskan, nantinya para pelaku usaha yang telah mengikuti PKP tersebut akan mendapatkan sertifikat yang dimana hal sertifikat tersebut merupakan salah satu syarat mutlak yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha makanan untuk mengajukan SPP-IRT. Maka daripada itu kegiatan PKP yang sebelumnya hanya dilakukan sebanyak dua kali saja akan ditambahkan lagi sebanyak tiga kali mengingat banyaknya pelaku usaha yang ingin mendapatkan SPP-IRT.

“Bagi para pelaku usaha yang ingin mengajukan SPP-IRT kami persilahkan untuk segera mendaftarkan diri mengikuti kegiatan PKP yang segera akan dilaksanakan oleh pihak kami. Kegiatan PKP yang kami selenggarakan ini nantinya para peserta akan mendapatkan sertifikat dimana dapat digunakan kembali untuk mengajukan SPP-IRT,” katanya.

Dari penuturannya, kepemilikan SPP-IRT oleh para pengusaha adalah satu hal yang sangat penting untuk menjamin produk produk hasil olahan mereka aman dan terjamin untuk dipasarkan ke masyarakat. Hal tersebut juga merupakan amanah dari Kementerian Kesehatan yang dimana saat ini sangat memperhatikan mutu dan kualitas produk produk olahan.

Selain daripada itu, kepemilikan SPP-IRT juga merupakan salah satu yang dipersyaratkan bagi para pelaku usaha untuk mengajukan label halal ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Maka daripada itu Sih mengharapkan kepada para pelaku usaha yang ada dikota Depok agar mau dan segera mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan PKP yang akan segera dilaksanakannya.

Perlu diketahui bahwa kepemilikan SPP-IRT hanya berlaku selama lima tahun saja. Sedangkan apabila sudah mendekati masa berakhir para pemilik SPP-IRT wajib mengajukan perpanjangan masa berlaku yang dimana pada saat pengajuan perpanjangan, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melakukan tinjauan ulang ke tempat produksi usaha yang mengajukan.

“Apabila layak, maka masa berlaku akan diperpanjang. Namun apabila sudah tidak lagi memenuhi standar yang sudah ditetapkan, maka produksinya akan kami hentikan,” tandasnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: