Kisah Heroik AKBP Untung Sangaji Tumpas Teroris Sarinah

Kisah Heroik AKBP Untung Sangaji Tumpas Teroris Sarinah

HarianDepok.com – Berita – Nasional , AKBP Untung Sangaji dapat dikatakan sebagai salah satu pahlawan dalam peristiwa teror bom Sarinah di Jakarta pada Kamis (14/01/2015) lalu. Perwira Menengah Pusdik Polair ini berhasil melumpuhkan 4 pelaku peledakan bom hanya seorang diri dengan berbekal sebuah pistol yang ia miliki. Pak Untung yang secara tidak sengaja sedang berada di dekat lokasi Jl MH Thamrin, sebenarnya tengah menikmati secangkir kopi di sebuah warung bersama dua rekannya.

Mendengar adanya suara ledakan, polisi yang sebelumnya menjadi anggota Satuan Petugas Penjinak Bom (Satgas Bom) Mabes Polri itu pun lantas mendekati lokasi. “Awalnya saya sedang ngopi sambil tugas di jalur Presiden lalu lalang pulang. Tiba-tiba terdengar bunyi dentuman tidak jauh,” ceritanya. Gedung Jakarta Teater ia dekati, sembari waspada dengan keberadaan pelaku. Rupanya baju sipil berwarna putih yang ia pakai tidak menyolok dan menarik perhatian teroris.

Hal tersebut merupakan keuntungan bagi Pak Untung, pasalnya ia bisa lebih leluasa mendekati lokasi. “Saya pun mengeluarkan pistol dan mendekat ke arah itu. Saya kemudian melihat pelaku megang senjata dan melempar bom ke bawah mobil Karo Ops Polda Metro Jaya,” Sambungnya.

Dengan bekal pengalaman serta gemblengan yang sudah ia dapatkan bertahun-tahun, Pak Untung mampu melumpuhkan beberapa pelaku, sekaligus berusaha menyelamatkan korban yang terluka di Pos Lantas. Aksi AKBP Untung Sangaji yang heroik itu sempat terekam oleh kamera netizen yang kemudian mengunggahnya di jejaring sosial. Akibat keberaniannya dalam melumpuhkan pelaku bom Sarinah, Pria berbaju putih itu pun banyak mendapat pujian dari netizen.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok