Kerap di Blokir, ISIS Buat Aplikasi Chatting Android Sendiri

Kerap di Blokir, ISIS Buat Aplikasi Chatting Android Sendiri

HarianDepok.com – TechNews , Banyaknya akun-akun jejaring sosial milik ISIS yang diblokir ternyata tak menjadikan kelompok ektrimis itu kehabisan akal. Laporan terbaru datang dari Ghost Security Group (GhostSec) yang mengatakan jika ISIS telah membuat aplikasi perpesanan sendiri yang berjalan di sistem operasi Android. Seperti yang dikutip dari laman The Next Web, Jumat (15/01/2016), aplikasi bernama Alwari itu sering digunakan oleh anggota dari kelompok teroris untuk menjalin komunikasi.

Dari laporan itu juga diketahui bahwa aplikasi itu sudah didukung kemampuan enkripsi, namun belum sebaik kemampuan enkripsi yang ada di Telegram dan aplikasi serupa. Meskipun, untuk saat ini kemampuan keamanan aplikasi ini belum sebaik aplikasi lain serupa, bukan tidak mungkin ISIS dapat memperbaikinya. Dan, jika hal ini terjadi ditakutkan komunikasi kelompok tersebut akan semakin sulit dideteksi.

Kendati berjalan untuk sistem operasi Android, Alwari tidak dapat ditemui di Google Play Store. Kemungkinan besar aplikasi ini disebarkan melalui situs-situs internet yang jarang diketahui. Komunikasi sendiri sering disebut sebagai tulang punggung seluruh operasi ISIS. Sebab, saat ini anggota kelompok ini sudah tersebar tak hanya di Irak dan Suriah, tapi juga Libya, Mesir, dan daerah sekitarnya. Oleh karena itu, aplikasi komunikasi semacam ini tentu sangat dibutuhkan.

Sebelumnya, ISIS dikabarkan menggunakan aplikasi perpesanan asal Rusia, Telegram, untuk saling berkomunikasi. Namun, setelah serangan di Paris, tahun lalu, Telegram resmi menutup kanal-kanal yang berhubungan dengan kelompok tersebut. Tak hanya Telegram, beberapa akun media sosial dan situs yang berhubungan dengan ISIS pun dibongkar oleh kelompok hacker Anonyomous. Kelompok tersebut dikabarkan telah membeberkan sekitar 5.000 akun Twitter yang diduga kuat anggota ISIS dan menghapusnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: