Begini Kronologi Pemboman dan Penembakan di Sarinah

Begini Kronologi Pemboman dan Penembakan di Sarinah

HarianDepok.com – Berita – DKI Jakarta , Sejauh ini pelaku pemboman yang disertai penembakan yang terjadi di kawasan Gedung Sarinah disebut berjumlah enam orang. Sedangkan menurut saksi mata, pelaku berboncengan menggunakan 3 unit sepeda motor, para pelaku masih berusia muda dan tidak mengenakan penutup wajah. Pelaku penembakan ditengarai mengenakan baju lengan pendek sementara pelaku yang masuk ke cafe lokasi terjadi pemboman mengenakan baju lengan panjang.

Menurut salah seorang saksi mata pemboman di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat pada Kamis siang tadi (14/01/2016) melihat jika pelaku membawa senjata dan tanpa mengenakan topeng. “Pelaku masih muda, membawa pisto FN, dan membawa ransel,” ujar Ruli usai dievakuasi dari tempat kejadian di jalan Agus Salim. Ruli mengatakan para pelaku terdiri atas beberapa orang, dan yang melakukan penembakan adalah pria yang mengenakan baju berlengan pendek.

Sedangkan pelaku lain yang mengenakan baju lengan panjang masuk ke sebuah kafe yang menjadi tempat pemboman. Ruli sempat menyangka kejadian pada pukul 10.30 WIB tersebut sebagai gempa bumi. Tetapi, ketika dia turun, ternyata dia melihat ada ledakan dan satu orang terpental dan cafe Starbucks sudah meledak. Sementara menurut saksi mata lain mengatakan ada tiga pelaku bom bunuh diri yang meledakkan diri di pos kepolisian perempatan Jalan MH Thamrin di kawasan Sarinah.

Menurut saksi mata petugas keamanan Bank Mandiri, Tri Feranto mengatakan jika ledakan pertama dan kedua terjadi di Kedai Kopi Starbuck sekitar pukul 10.35 WIB. Disusul ledakan ketiga yang terjadi di pos polisi dengan pelaku bom bunuh diri tiga orang yang mengakibatkan satu orang polisi terkena ledakan.

Usai ledakan ketiga, ketika polisi dan banyak orang berkerumun terjadi rentetan senjata yang mengarah pada polisi dan melukai dua korban dari kepolisian. Tri mengatakan melihat wajah pelaku pengeboman yang kebetulan melintas di depannya dengan ciri-ciri seperti orang imigran berkulit gelap, tidak terlalu tinggi, dan masih berusia muda.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok