Beli Kondotel di Bali, Dapat Ruang Mewah Ini

Beli Kondotel di Bali, Dapat Ruang Mewah Ini.

HarianDepok.com – Properti , Ada beberapa cara atau program yang ditawarkan oleh pengembang kondotel di Bali untuk menarik perhatian calon investor.

Arief Rahardjo yang menjabat sebagai Head of Research & Advisory Cushman & Wakefield Indonesia, menjelaskan bahwa investasi Condotel umumnya menawarkan beberapa poin menginap gratis setiap tahun.

“Sebagai jaminan pengembalian modal pada tahun-tahun awal, skema bagi hasil setelah masa garansi,” katanya di Jakarta.

Ia melanjutkan, adalah jaminan pembayaran biasanya ditawarkan di kisaran 6 samapai 11 persen per tahun untuk 2 sampai 10 tahun pertama.

Setelah masa garansi, sekitar 40 sampai 70 persen dari pendapatan kotor dari sewa kamar akan dibagikan kepada pemilik unit, setelah dikurangi biaya pemeliharaan.

“Poin ruang bebas biasanya diberikan 21 hari atau 21 poin per tahun,” tambahnya.

Dalam waktu dekat, kata dia, akan ada arus yang signifikan datang ke pasar dengan menawarkan Condotel baru. Tingkat penyerapan condotel diperkirakan akan melambat, terutama pada proyek dengan segmen kelas atas yang harganya berkisar hingga 2 miliar rupiah.

“Sebagai pertimbangan penting bagi calon investor, sebagian besar proyek akan terus dikemas dalm penawaran poin bebas tinggal, menjamin pengembalian dana untuk tahun pertama, dan skema bagi hasil yang menarik,” jelasnya.

Pengembang mungkin harus memberikan subsidi selama masa garansi, mengingat tingkat hunian kondotel di Bali diperkirakan menurun di masa depan.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: