Muncul 40 Tahun Sekali, Gerhana Matahari Total 2016 Hebohkan Dunia

Muncul 40 Tahun Sekali, Gerhana Matahari Total 2016 Hebohkan Dunia

HarianDepok.com – Fenomena Alam , Gerhana matahari total yang akan terjadi di Indonesia pada 6 Maret mendatang, saat ini sedang menjadi perbincangan masyarakat dunia. Pasalnya fenomena langka tersebut baru akan nampak lagi dalam waktu 40 tahun kedepan, atau tepatnya pada tahun 2056. Maka tidak heran bila masyarakat dunia menganggap bahwa gerhana matahari total pada tahun 2016 yang akan terlihat di Indonesia tersebut menjadi peristiwa paling ditunggu.

Peristiwa langka itu memang hanya muncul atau bisa terlihat dibeberapa wilayah di seluruh dunia, tetapi kali ini beruntungnya moment tersebut hanya akan terlihat di Indonesia. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaludin mengatakan, gerhana akan melintasi 11 provinsi di Indonesia: Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku

“Gerhana matahari total di bagian timur Indonesia akan berlangsung sekitar 3 menit pukul 09.00 waktu setempat. Sementara di bagian barat akan berlangsung sekitar 2 menit pukul 07.30 WIB,” ujar Thomas seperti yang dikutip dari Antara. Gerhana matahari total hanya akan terjadi saat bulan berada diantara matahari dan bumi sehingga bayang-bayang bulan akan jatuh ke permukaan bumi.

Daerah yang dilewati bayang-bayang tersebut akan mengalami gerhana. Dan kali ini hanya Indonesia menjadi negara satu-satunya yang dilintasi bayangan itu. Dan berikut ini adalah sejumlah lokasi strategis untuk menyaksikan gerhana matahari total di Indonesia yang akan terjadi pada 9 Maret mendatang. Palembang (Mulai gerhana matahari total: 07.20 WIB), Belitung (Mulai gerhana matahari total: 07.22 WIB), Bangka (Mulai gerhana matahari total: 07.21 WIB),

Sampit (Mulai gerhana matahari total: 07.27 WIB), Palangkaraya (Mulai gerhana matahari total: 07.28 WIB), Balikpapan (Mulai gerhana matahari total: 08.33 WITA), Palu (Mulai gerhana matahari total: 08.37 WITA), Poso (Mulai gerhana matahari total: 08.38 WITA), Luwuk (Mulai gerhana matahari total: 08.41 WITA), Ternate (Mulai gerhana matahari total: 09.51 WIT), Halmahera (Mulai gerhana matahari total: 09.54 WIT).

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok