Ini Bahaya Zat Sianida Yang Diduga Penyebab Tewasnya Mirna Usai Minum Kopi

Ini Bahaya Zat Sianida Yang Diduga Penyebab Tewasnya Mirna Usai Minum Kopi

HarianDepok.com – Kesehatan , Tewasnya Wayan Mirna Salihin menjadi perbincangan hangat usai perempuan berusia 28 tahun itu tewas setelah minum seteguk kopi di Olivier, Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Sesuai dari hasil otopsi, ditemukan adanya zat pada lambung Mirna yang diduga sianida. Walau penyebab kematiannya masih belum bisa dipastikan, zat sianida diketahui sebagai salah satu zat yang sifatnya korosit atau asam yang mampu merusak lambung.

Secara alami, zat sianida dapat ditemukan dalam sejumlah jenis makanan seperti ubi, kacang almond, bayam, kedelai,dan biji apel, akan tetapi dalam kadar yang sangat rendah. Tubuh manusia pun bisa menangani kadar zat sianida dalam dosis rendah setiap hari. Tetapi ketika kadar mencapai 50-200 mg, maka bisa menyebabkan kondisi memprihatinkan.

Zat sianida menjadi sebuah racun mematikan yang digunakan sebagai senajata kimia untuk pertama kalinya pada Perang Dunia pertama. Sianida bisa diproduksi oleh bakteri, jamur dan alga tertentu, dan bisa ditemukan dalam asap rokok, dan asap kendaraan. Seperti yang dinyatakan Department of Health New York State, ketika seseorang terekspos dengan sianida, maka sianida bisa masuk ke dalam aliran darah secara cepat.

Dalam dosis rendah, sianida dalam tubuh bisa berubah menjadi thiosianida yang bisa dikeluarkan ketika buang air kecil. Tetapi jika dalam dosis besar, tubuh tidak bisa melakukan hal tersebut sehingga akhirnya mencegah sel menggunakan oksigen dan menyebabkan sel dalam tubuh mati. Jantung, sistem pernapasan dan sistem saraf menjadi yang paling rentan terserang ketika kercaunan sianida.

Berbagai tanda dan gejala umum ketika terekspos dengan sianida diantaranya seperti, rasa mual, sakit kepala, lemah dan linglung, kehilangan kesadaran diri, pingsan, kejang-kejang dan kesulitan bernafas. Berdasarkan keterangan saksi, Mirna mengalami kejang-kejang serta mulutnya mengeluarkan busa sesaat usai meminum kopi Vietnam. Tetapi sampai saat ini, kasus kematian Mirna masih dalam proses penyelidikan untuk mengetahui pasti penyebab kematiannya.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: