Menteri ESDM Jamin Tak Akan Cabut Subsidi Elpiji 3 Kg

Menteri ESDM Jamin Tak Akan Cabut Subsidi Elpiji 3 Kg

HarianDepok.com – Bisnis , Baru-baru ini Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa pihaknya tidak akan mencabut subsidi elpiji  3 Kilogram (Kg).  Sebab itu, masyarakat diminta untuk tetap tenang. Menurut Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengungkapkan, jatah elpiji bersubsidi 3 kg sebesar 5,7 juta metrik ton (mt) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016. Hal tersebut berdasarkan persetujuan DPR.

Atas jaminan tidak akan dicabutnya subsidi elpiji 3 Kg tersebut, Wiratmaja menginginkan agar masyarakat tetap tenang, dan tidak terpengaruh kabar yang bisa meresahkan. Sedangkan program konversi bahan bakar minyak ke elpiji untuk tahun ini tidak akan dilakukan pembagian paket perdana LPG 3 kg. Sebagai gantinya, pemerintah bakal membangun 3 depo BBM di NTT, NTB dan Maluku. Depo BBM ini sudah bisa digunakan secara bertahap yang diharapkan selesai pada tahun 2017.

Program konversi BBM ke elpiji sudah dilaksanakan sejak tahun 2007 silam. Total paket perdana yang sudah dibagikan sampai tahun 2014, mencapai hingga 56.071.289 paket. Dibandingkan dengan bahan bakar lain, penggunaan elpiji lebih menguntungkan. Secara teori, pemakaian 1 liter minyak tanah, setara dengan pemakaian 0,57 kg LPG.

Dengan menghitung berdasarkan harga keekonomian minyak tanah dan LPG, subsidi yang diberikan untuk pemakaian 0,57 kg LPG akan lebih kecil daripada subsidi untuk 1 liter minyak tanah. Manfaat lain dari penggunaan elpiji adalah mengurangi kerawanan penyalahgunaan minyak tanah, mengurangi polusi udara di rumah atau dapur, menghemat waktu memasak serta perawatan alat memasak dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat?.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: