Google Doodle Hari Ini Peringati Kelahiran Charles Perrault, Seorang Sastrawan Dunia

Google Doodle Hari Ini Peringati Kelahiran Charles Perrault, Seorang Sastrawan Dunia

HarianDepok.com – TechNews , Mesin pencarian raksasa Google, pada hari ini (12/01/2016), lewat doodle-nya turut memperingati hari kelahiran Charles Perrault yang ke-388. Bagi pecinta sastra tentunya mengenal Charles Perrault. Ia merupakan salah seorang sastrawan terkenal dan mendunia. Melalui banyak karangan puisi dan dongeng membuatnya sampai saat ini tidak terlupakan. Ia lahir di Prancis pada 12 Januari 1628 silam.

Google Doodle Hari Ini Peringati Kelahiran Charles Perrault, Seorang Sastrawan Dunia

Ia juga merupakan seorang penulis dongeng dan teori sastra. Karya pertamanya yang terkenal berkat puisi dan ayat menyindir berjudul The Burlesque Aeneid (1948) saat ia tengah memperdalam ilmu hukum. Berbagai karyanya yang paling terkenal di seluruh dunia diantaranya, Putri Tidur (Sleeping beauty), Si Kerudung Merah, Cinderella, Kucing dalam Sepatu Bot (Puss in boots), Kulit keledai (Donkey-skin), Tiga Permintaan, dan lain-lain.

Selain sebagai sastrawan, menurut laman Wikipedia, Charles Perrault pernah duduk di pemerintahan monarki absolut Perancis yang dipimpin oleh Louis XIV pada tahun 1661. Saat itu raja lebih memilih kalangan biasa daripada kaum aristokrasi untuk melayani publik. Sejumlah dongeng Charles dibuat versi yang berbeda oleh Grimm bersaudara.

Tetapi, cerita asli yang ditulis Charles lebih kontras dengan versi dongeng Grimm bersaudara. Tengok saja cerita Si kerudung merah yang tidak selamat di akhir cerita dan Putri Tidur yang menikah dengan pangeran tetapi ternyata putri tersebut adalah raksasa atau gergasi (ogre). Charles Perrault meninggal di Paris, Perancis, paada 16 Mei 1703 di umur 75 tahun.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: