Wando, Musisi Jalanan Berbakat Asal Depok

Wando, Musisi Jalanan Berbakat Asal Depok.

HarianDepok.com – Berita , String nada indah dari biola yang dialunkan oleh Teguh Iwan Kuncoro begitu enak di dengar. Teguh bukanlah pemain biola terkenal, ia hanya seorang pengamen jalanan asli warga Depok.

Tapi ia cukup menjadi anugerah bagi orang lain. Terutama bagi mereka yang ingin belajar bermain biola. Teguh yang memiliki nama panggung Wando Pirastro ini, belajar biola secara otodidak.

Wando beruntung pernah bertemu dengan seorang guru musik saat ngamen di bus kota. Saat melihat potensi dalam diri Wando, sang guru j berjanji akan mengajarinya bermain biola dan belajar membaca lembaran partitur musik.

Pada tahun 2010, dengan guru musiknya, Wando membentuk komunitas biola otodidak. Komunitas ini memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk belajar bermain biola.

Selama bertahun-tahun, komunitas ini memanfaatkan ruang terbuka yang tersedia dimana saja untuk berlatih. Saat ini, setiap hari Sabtu dan Minggu di halaman gedung arsip dan perpustakaan, kantor Walikota Depok, dijadikan tempat berlatih.

Meski tak dipungut bayaran, bukan berarti pelajaran yang diberikan tidak berbobot. Mereka masih mendapatkan latihan yang baik. Komunitas ini menerapkan metode yang sama seperti yang biasa diajarkan di sekolah musik.

Semangat masyarakat dan berbagi membuat proses belajar lebih mudah dan menyenangkan. Tidak ada Jarak dengan sesama anggota komunitas.

Karena mereka memiliki keterampilan bermain biola, di samping pelatihan dalam komunitas ini Wando juga dipercaya mengajar di beberapa sekolah musik. Wando juga tidak ragu-ragu untuk berbagi pengetahuan dengan pengamen jalanan.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)