Berikut Biaya Pembuatan SIM Khusus Motor 250 Cc dan 500 Cc

Berikut Biaya Pembuatan SIM Khusus Motor 250 Cc dan 500 Cc

HarianDepok.com – OtoNews , Surat Izin Mengemudi (SIM) sepeda motor dipastikan akan diklasifikasikan kembali menjadi tiga golongan. Ketiganya dibagi berdasarkan kapasitas mesin. SIM C diperuntukkan bagi pemilik motor dengan kapasitas mesin di bawah 250 cc, sedangkan C1 untuk motor di atas 250 cc, dan C2 untuk motor di atas 500 cc. Lalu, berapa biaya pembuatan tiga golongan SIM ini? Menurut Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Analis Kebijakan Korlantas Mabes Polri mengungkapkan,-

pada dasarnya seluruh mekanisme kepemilikan SIM sama dengan yang diberlakukan saat ini, termasuk soal biaya. “Pada dasarnya semua sama seperti sekarang. Misalnya kalau mau bikin baru harus tes teori dan praktik. Termasuk biaya. Saya kira biayanya masih sama Rp 100 ribu,” tutur Unggul pada Jumat (08/01/2015). Menurut laman Satu Layanan, biaya pembuatan SIM baru untuk sepeda motor memang Rp 100 ribu.

Namun, jika melakukan uji keterampilan mengemudi menggunakan simulator, maka ada biaya tambahan sebesar Rp 50 ribu, dan biaya asuransi Rp 30 ribu. Namun, pada kesempatan yang berbeda, menurut Kakorlantas Polri Irjen Pol Condro Kirono beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa soal biaya sebetulnya masih dibahas di Kementerian Keuangan.

Biaya untuk membuat SIM C1 atau C2 pun masih belum pasti, bahkan berpotensi lebih tinggi dibandingkan dengan pembuatan SIM C. Sekedar informasi, kebijakan ini diperkirakan akan diimplementasikan pada April atau Mei tahun ini. Untuk saat ini Korlantas masih melakukan kajian-kajian terkait.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok