Walikota Depok, Himbau Jaga Kebersihan Lingkungan Dari Sampah

Walikota Depok, Himbau Jaga Kebersihan Lingkungan Dari Sampah

HarianDepok.com – Berita ,  Dalam perwujudannya menjadikan wilayah kota Depok yang indah, nyaman dan bersih dari sampah, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus menggalakkan kepada masyarakatnya untuk terus menjaga, merawat lingkungan dari sampah dengan maksud agar dapat meningkatkan kualitas udara baik dan mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh adanya tumpukan sampah .

Selain daripada itu, Pemkot Depok pun juga telah menerbitkan sebuah peraturan yang dimana setiap warga kota Depok diwajibkan untuk memilah sampahnya sendiri yang bertujuan agar dapat mengurangi volume sampah yang akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di Cipayung, Depok, Jawa Barat.

Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan bahwa dirinya sangat mengharapkan kota Depok dapat terbebas dari permasalahan sampah dan menjadi bersih kembali di akhir tahun 2016 mendatang. Hal tersebut dikatakannya merujuk kepada Undang Undang Nomor 18 Tahun 2008 mengenai sampah.

“Jika memang Indonesia telah menghendaki akan terbebas dari sampah sehingga di setiap lingkungan menjadi bersih pada tahun 2020, maka kota Depok akan dapat lebih dulu berkontribusi dan menyelesaikan permasalahan sampah di tahun 2016,” tuturnya di Depok belum lama ini.

Guna merealisasikan dan mempercepat proses tersebut, penerapan sistem pengelolaan sampah pun terus diperbaiki yang dimana sampai dengan saat ini, Pemkot Depok telah mengeluarkan suatu kebijakan agar setiap warga memilah sampahnya sendiri dan dapat digunakan kembali serta berdaya ekonomis yang tinggi dengan menggunakan bank bank sampah yang sudah didirikan di setiap wilayah kota Depok.

Dengan adanya bank bank sampah yang ada di setiap titik di seluruh wilayah kota Depok, diharapkannya dapat membantu mewujudkan kota Depok yang bersih, indah dan nyaman. Tak hanya sampai disitu saja, Nur juga menghimbau kepada seluruh warga kota Depok agar terus memperhatikan kebersihan saluran air dan sungai sungai jangan sampai ada sampah didalamnya.

Jika warga dan Pemkot Depok terus melakukan kerjasama dalam memerangi sampah di wilayah kota Depok, dipastikan pada akhir tahun 2016 nanti mimpi menjadikan kota Depok sebagai kota terbersih se Indonesia akan dapat terwujud dengan baik.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: