Pengusaha Minta Agar Pemerintah Mencabut Subsidi Pada Solar

Pengusaha Minta Agar Pemerintah Mencabut Subsidi Pada Solar

HarianDepok.com – Bisnis , Beberapa hari yang lalu pemerintah telah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar yang mulai berlaku pada 5 Januari 2015. Pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga solar sebesar Rp 1.050 menjadi Rp 5.650 per liter. Akan tetapi, penurunan tersebut belum membuat pengusaha logistik puas. Dikarenakan saat ini harga solar masih mendapatkan subsidi dari pemerintah. Berbeda dengan premium yang sudah mengikuti harga pasar.

Menurut Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita mengungkapkan, seharusnya pemerintah juga mencabut subsidi pada solar, sama seperti yang dilakukan terhadap premium. “Sebenarnya yang kita harapkan sudah tidak ada lagi subsidi di solar. Harga solar sebaiknya mengikuti harga pasar,” tuturnya di Jakarta, Senin (11/01/2016).

Zaldy memperkirakan, untuk biaya logistik hanya akan terjadi penurunan antara 1 persen sampai 2 persen saja. Hal ini karena penurunan harga solar belum diimbangi dengan perbaikan infrastruktur penunjang kegiatan logistik. “Terdapat sejumlah faktor lain yang mempengaruhi biaya logistik yakni seperti infrastruktur dan biaya penyimpanan atau inventory,” Sambungnya.

Oleh karena itu, dari pada pemerintah terus menerus memberikan subsidi pada solar, lebih baik pemerintah mencabut subsidinya serta mengalokasikan anggaran subsidi tersebut untuk pembangunan infrastruktur logistik. “Biaya subsidi dapat dialokasikan ke infrastruktur,” tutupnya.
[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: