Ini Satu – Satunya Air Terjun Ditengah Tandusnya Mesir

Ini satu-satunya air terjun di tengah tandusnya Mesir

HarianDepok.com – Berita Unik – Inilah satu-satunya air terjun yang menyejukkan tanah Mesir. Ukurannya tak terlalu masif dengan tinggi beberapa meter saja. Selain itu, air terjun ini juga buatan manusia.

Dilansir Amusing Planet, air terjun ini berlokasi di tengah Wadi El-Rayan, 65 km barat daya dari kota Fayoum. Wadi El-Rayan ini merupakan rumah bagi dua danau buatan Mesir. Danau-danau tersebut diciptakan untuk mengalihkan kelebihan air drainase bagi pertanian di oase Fayoum.

Air terjun di Wadi El-Rayan, Mesir Janne Creste/Flickr

Aliran air pertama mencapai danau yang berada di bagian utara. Ketika airnya meluap, kelebihan air tersebut terus mengalir hingga membentuk danau kedua. Aliran air yang deras mengikis bebatuan di sekitarnya, sehingga membentuk celah yang kemudian membentuk air terjun.

Air terjun di Wadi El-Rayan, Mesir Janne Creste/Flickr

Sebenarnya ada beberapa air terjun yang terbentuk, namun karena masih serangkai dan jaraknya tak lebih dari beberapa meter dianggap air terjun tunggal. Semua air terjun ini tergolong rendah, tak ada yang lebih dari 2 atau 4 meter.

Air terjun di Wadi El-Rayan, Mesir Mu-Lan Chau/Flickr

Kawasan Wadi El-Rayan juga menjadi habitat penting bagi sejumlah hewan dan tumbuhan. Wadi ini telah menjadi sumber kehidupan bagi 8 spesies mamalia dan 13 spesies burung.

Air terjun di Wadi El-Rayan, Mesir News.cn

Sejuknya air terjun ini menjadi daya tarik wisata bagi warga Mesir. Saat liburan dan air wadi membludak, warga berdatangan ke sana untuk piknik atau mandi di aliran air terjun. Air terjun yang cuma satu-satunya di Mesir ini juga sering muncul dalam video klip dan film produksi Mesir.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer