Latte Stones, Pilar – Pilar Batu Unik Tinggalan Bangsa Chamorro

latte-stones-pilar-pilar-batu-unik-tinggalan-bangsa-chamorro

HarianDepok.com – Berita Unik – Hampir di seluruh bagian Kepulauan Mariana, kepulauan yang berjejer membentuk bulan sabit di bagian barat Samudera Pasifik Utara terdapat batu-batu unik menyerupai gelas anggur berdiri kokoh di tebing. Inilah Latte Stones yang menjadi salah satu ciri khas Kepulauan Mariana.

Dilansir Amusing Planet, Latte Stones adalah struktur megalitik yang dibangun oleh bangsa Chamorro antara tahun 800-1700.Latte Stones rata-rata memilki tinggi 1 sampai 2 meter, terdiri dari kolom penyangga yang disebut halagi dan batu mirip mangkuk yang disebut tasa.

Latte Stones di Kepulauan Mariana Sandwich/Flickr

Batu-batu ini digunakan orang Chamorro kuno untuk menyangga rumah. Mereka membangun rumah seperti panggung untuk melindungi diri dari banjir. Sementara tasa yang berbentuk seperti setengah lingkaran dimaksudkan untuk mencegah binatang-binatang laut seperti kepiting yang hendak masuk ke dalam rumah.

Latte Stones di Kepulauan Mariana Michael Lusk/Flickr

Selain itu, para ahli arkeologi berpendapat kalau Latte Stones juga berfungsi sebagai pilar penyerap getaran yang menjaga agar rumah-rumah tetap berdiri saat gempa melanda.

Latte Stones di Kepulauan Mariana R Mendez/Flickr

Dahulu, Latte Stones bisa dijumpai di mana-mana. Namun sejak penjajah Spanyol menguasai Kepulauan Mariana, mereka menghancurkan rumah-rumah tradisional warga dan lambat laun mengajarkan gaya hidup barat. Sekarang Latte Stones hanya menjadi tonggak-tonggak batu terbengkalai di sekeliling pulau.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer