Depok Punya Masjid Terbesar di Asia Tenggrara

Depok Punya Masjid Terbesar di Asia Tenggrara.

HarianDepok.com – Berita – Limo , Nama masjid tersebut adalah Masjid Dian Al Mahri. Dibangun di tepi jalan Meruyung-Labu di Kel. Limo, Depok. Masjid ini selain menjadi tempat ibadah bagi umat Islam, juga menjadi kawasan wisata keluarga yang menarik perhatian banyak orang karena kubah-kubah di masjid tersebut terbuat dari emas.

Juga karena luasnya area yang tersedia dan dapat diakses secara bebas untuk umum, sehingga tempat ini sering menjadi tujuan liburan keluarga atau hanya menjadi tempat untuk beristirahat.

Masjid ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, pengusaha Banten, yang telah membeli tanah ini sejak tahun 1996. Masjid ini dibangun sejak tahun 2001 dan selesai sekitar akhir tahun 2006. Masjid ini resmi terbuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006, bertepatan dengan Idul -Adha.

Dengan luas 50 hektar, bangunan masjid ini menempati area seluas 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi, dan mampu menampung sekitar 20.000 jamaah.

Masjid ini sering disebut sebagai masjid termegah di Asia Tenggara.

Masjid Dian Al Mahri memiliki 5 kubah. Sebuah kubah utama dan 4 kubah kecil. Uniknya, kubah ini berlapis emas dengan ketebalan 2 sampai 3 milimeter dan mosaik kristal. Bentuk kubah utama seperti kubah Taj Mahal. Kubah memiliki diameter bawah 16 meter, 20 meter dengan diameter tengah, dan tinggi 25 meter. Sementara 4 kubah kecil memiliki diameter kurang dari 6 meter, 7 meter tengah,dan tinggi 8 meter.

Terdapat lampu gantung yang didatangkan langsung dari Italia seberat 8 ton. Sedangkan pilar mahkota masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)