Ini Daftar 75 Negara Bebas Visa Pariwisata ke Indonesia

Ini Daftar 75 Negara Bebas Visa Pariwisata ke Indonesia

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bertekad penuh untuk memperkuat sektor pariwisata dalam negeri. Salah satu cara yang digunakan adalah membebaskan visa bagi warga negara asing (WNA) yang ingin berwisata ke Indonesia. Menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, hingga kini kebijakan tersebut sudah diterapkan Indonesia ke lebih dari 70 negara di seluruh dunia.

“Upaya meningkatkan wisatawan asing ke Indonesia dilakukan dengan memberikan fasilitas bebas visa kunjungan singkat untuk 75 negara. Pemberian visa ini akan terus dikaji sesuai dengan kebutuhan,” jelas Menlu Retno di kantor Kemlu, Kamis (07/01/2016). Walau memberikan bebas visa, Retno meminta agar WNA yang masuk ke Indonesia mematuhi peraturan yang berlaku. pasalnya, pemerintah siap menindak tegas WNA yang melanggar peraturan.

“Penyalahgunaan bebas visa akan ditindak tegas. Sebagaimana yang juga dilakukan oleh negara lain,” ujarnya. Pemberian bebas visa diresmikan setelah Presiden Indonesia Joko Widodo resmi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 tahun 2015, tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2015 tentang Bebas Visa Kunjungan.

Dalam Perpres terbaru, disebutkan 75 negara dibebaskan dari kewajiban mempunyai visa kunjungan untuk keperluan wisata ke Indonesia. Seperti yang dilansir dari situs Imigrasi.go.id, para WNA diberikan izin tinggal kunjungan selama 30 hari dan tidak dapat diperpanjang.

75 negara yang mendapat bebas visa dari Indonesia yakni Afrika Selatan, Aljazair, Amerika Serikat, Angola, Argentina, Austria, Azerbaijan, Bahrain, Belanda, Belarusia, Belgia, Bulgaria, Ceko, Denmark, Dominika, Estonia, Fiji, Finlandia, Ghana, Hongaria, India, Inggris, Irlandia, Islandia, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Kazakhstan, Kirgistan, Kroasia, Korea Selatan, Kuwait, Latvia, Lebanon, Liechtenstein, Lithuania, Luxemburg, Maladewa, Malta, Meksiko, Mesir, Monako, Norwegia, Oman, Panama, Papua New Guinea, Perancis, Polandia, Portugal, Qatar, Republik Rakyat Tiongkok, Rumania, Rusia, San Marino, Saudi Arabia, Selandia Baru, Seychelles, Siprus, Slovakia , Slovenia, Spanyol, Suriname, Swedia, Swiss, Taiwan, Tanzania, Timor Leste, Tunisia, Turki, Uni Emirat Arab, Vatikan, Venezuela, Yordania dan  terakhir Yunani.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok