Ini Alasan Ayam Nugget Tidak Baik Untuk Kesehatan

Ini Alasan Ayam Nugget Tidak Baik Untuk Kesehatan

HarianDepok.com – Kesehatan , Tidak bisa dipungkiri, memang sedikit sulit untuk menolak kelezatan nugget ayam. Akan tetapi, ada sebuah kabar tidak menyenangkan mengenai nugget ayam. Walaupun kelezatannya membuat selera makan kamu meningkat, namun nugget ayam menyimpan bahaya bagi kesehatan kamu. Menurut yang dilansir dari boldsky.com, berikut adalah empat alasan yang membuat makanan lezat ini tidak baik untuk kesehatan.

  1. Efek samping gula

Gula digunakan untuk nugget dalam bentuk dekstrosa. Terlalu banyak mengonsumsinya membuat tubuh menyimpannya dalam bentuk lemak dalam tubuh. Lemak memang dibutuhkan dalam sistem pembakaran tubuh, hanya saja kelebihan lemak akan menimbulkan bencana bagi kesehatan. Orang dengan diabetes sebaiknya menghindari nugget ayam ini karena dapat menyebabkan hiperglikemia.

  1. Hidrogenasi minyak kedelai

Ini adalah salah satu alasan yang membuat makanan ini tergolong tak sehat. Hidrogenasi adalah istilah yang digunakan untuk kondisi di mana lemak tak jenuh (dalam bentuk cair) diubah menjadi lemak padat. Minyak kedelai pada dasarnya mengandung lemak trans yang bisa menjadi penyebab terjadinya obesitas. Selain itu jenis minyak ini juga bertanggung jawab untuk penyakit jantung serta beberapa peradangan dalam tubuh.

  1. Kandungan gluten

Mungkin nugget ayam yang kamu buat di rumah masih tergolong aman, karena kamu menggunakan tepung bebas gluten. Tetapi hal yang serupa tidak terjadi pada nugget yang kamu dapatkan dalam bentuk kemasan. Biasanya nugget tersebut menggunakan gandum gluten yang dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat.

  1. Terlalu banyak sodium

Nugget ayam mengandung kadar sodium yang cukup tinggi. Sekitar 10 potong nugget ayam mengandung 1000mg natrium. Sedangkan secara ideal seseorang hanya memerlukan sekitar 2000-3000mg natrium sehari. Perhatian utama yang penting adalah nugget ayam tidak mengandung kalium yang mampu menyeimbangi jumlah sodium. Ini akan menjadi sebuah kabar buruk bagi tekanan darah kamu.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: