PLN Akan Gratiskan Biaya Tambah Daya ke 1.300 VA

PLN Akan Gratiskan Biaya Tambah Daya ke 1.300 VA

HarianDepok.com – Bisnis , PT PLN (Persero) berencana bakal membebaskan biaya penambahan daya ?bagi pelanggan rumah tangga golongan 450 Volt Ampere (VA) dan 900 ?VA. Pasalnya saat ini golongan pelanggan tersebut masih mendapat subsidi. Menurut Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengungkapkan, pembebasan biaya penambahan daya tersebut adalah hasil dari kebijakan pemerintah dalam memberikan subsidi listrik tepat sasaran bagi golongan 900 VA.

Sehingga hanya masyarakat yang miskin ?yang akan mendapat subsidi listrik. Benny menambahkan, bila pemberian subsidi tepat sasaran tersebut sudah diberlakukan, maka masyarakat yang menggunakan daya? 900 VA tidak masuk dalam golongan masyarakat miskin dan akan dikenakan tarif listrik normal alias tidak bersubsidi. Demikian pula dengan pelanggan 1300 VA yang akan dikenanakan tarif normal.

Untuk Januari 2015 tarif tersebut sebesar Rp 1.409,16 per kilo Watt h?our (kWh). Menurut Benny, pelanggan yang hingga kini masih termasuk golongan yang menerima subsidi, dan ingin menambah daya ke ?golongan yang sudah tidak disubsidi, biayanya akan digratiskan. Hal tersebut sesuai instruksi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral(ESDM).

“Yang masuk rumah tangga tidak miskin nanti tarif listrik yang mereka bayar tidak disubsidi sama dengan 1300. Karena mereka membayar tarif sama dengan 1300 mereka minta dong daya kami sama 1300 daya sudah sama. Pemerintah kementerian ESDM sudah instrusikan ke PLN jika ada yang mau naik daya ke 1300 maka naikan dayanya akan di gratiskan biayanya,” tuturnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: