Korut Uji Bom Hidrogen, Getarannya Seperti Gempa Dahsyat

Korut Uji Bom Hidrogen, Getarannya Seperti Gempa Dahsyat

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Korea Utara mengaku sukses melakukan uji bom hidrogen sekaligus mendeklarasikan sebagai negara pemilik senjata nuklir canggih. Seperti yang dikutip dari South China Morning Post, Rabu (06/01/2016), uji coba bom hidrogen berdaya hulu ledak tinggi itu bahkan mampu terdeteksi seperti getaran gempa oleh jaringan pusat pemantauan gempa bumi milik China. Pyongyang mengaku uji bom hidrogen pertama di negara itu berhasil dilakukan pada Rabu (06/01/2016) pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, website pemantauan gempa bumi milik China memberikan gambaran telah mendeteksi aktivitas seismik dahsyat yang diduga efek yang “diduga ledakan bom”. Survei Geologi Amerika mengatakan pusat gempa berada di Timur Laut, sekitar 50 km dari kota Kilju, yang tak lain di sebelah tempat uji coba nuklir di Punggye-ri. “Dengan keberhasilan bersejarah H-bom, kami telah bergabung masuk ke dalam negara pemilik nuklir canggih,” ujar penyiar berita televisi setempat.

Uji coba tersebut diperintahkan langsung oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dua hari sebelum ulang tahunnya. Kim memang meminta negaranya mengembangkan bom hidrogen walaupun hal itu sempat disambut dengan skeptis oleh para ahli internasional. Bom hidrogen atau perangkat termonuklir diketahui menggunakan fusi reaksi berantai yang menghasilkan ledakan yang jauh lebih kuat.

“Tes terbaru, sepenuhnya didasarkan pada teknologi dan tenaga kerja kita,” ucap penyiar TV. Korut sudah menyatakan mereka memang bukan yang pertama memiliki bom nuklir itu dan mengatakan Pyongyang akan terus mengejar kemampuan pengembangan nuklir canggih. “Walau kebijakan anti-Utara dari AS berlanjut, kita tidak akan pernah berhenti pengembangan program nuklir kami,” pungkasnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok