Jokowi-JK Siap Rampingkan Menteri Kabinet

Jokowi-JK Siap Rampingkan Menteri Kabinet.

HarianDepok.com – Nasional. Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla berencana untuk merampingkan kabinet dalam pemerintahan mereka.

“Memiliki kabinet yang efektif sebenarnya adalah keinginan Pak Jokowi,” kata Hasto Kristianto, juru bicara Jokowi-JK pada Minggu (27/7) lalu.

Idenya adalah sejalan dengan janji yang dibuat oleh Jokowi – JK selama massa kampanye, dan apa yang disebut tim transisi, yang ditunjuk oleh Jokowi sendiri, saat ini berunding pada rencana perampingan kabinet

Tim, yang terdiri dari sejumlah ahli, juga akan mempelajari bentuk lembaga, pembentukan kabinet, legislasi dan anggaran politik.

Hasto tidak tahu di mana kementerian akan efisien dan dia meyakinkan bahwa perubahan harus sesuai dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara.

“Rencananya sekarang masih kami dipelajari,” sambung Hasto.

Sebelumnya, JK mengatakan bahwa kabinet akan diisi oleh orang-orang yang layak, termasuk tiga kementerian: Kementerian Keuangan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Kementerian BUMN.

Tiga kementerian memainkan peran strategis dan sangat mungkin untuk menciptakan masalah jika orang-orang ini tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu, JK menambahkan, tiga kementerian harus dipimpin oleh orang yang ahli dibidangnya dan ia harus bebas dari intervensi dari pihak manapun. Mengingat pada system pemerintahan di masa lalu, sangat banyak terjadi kasus-kasus yang membuat masyarakat murka karena kinerja dari para menteri kurang baik, bahkan buruk.

“Ketiga kementerian harus independen,” kata JK.

Tags: